in: Overclocking | October 3, 2013 | by: Alva "Lucky_n00b" Jonathan

Extreme Overclocking AMD A10-6800K ‘Richland’ ke 8 Ghz

Sejak dulu, prosesor AMD dikenal sangat overclockable. Dibarengi dengan harganya yang sedikit lebih kompetitif dari pesaing-pesaingnya, kemampuan overclocking ini menjadi salah satu nilai plus bagi para pengguna PC yang hobi bereksperimen. Sekitar bulan September tahun 2011 lalu, prosesor AMD FX-8150 memecahkan rekor dunia Frekuensi CPU dengan melampaui batas 8.4 Ghz. Pemecahan rekor tersebut menjadi penanda bahwa prosesor AMD memiliki kemampuan untuk mencapai clockspeed tinggi.

Belum lama ini, AMD mengumumkan prosesor terkencang mereka, yakni AMD FX-9590, yang memiliki kecepatan 5 Ghz pada keadaan default. Tidak lupa juga, AMD memiliki prosesor kelas menengah, yakni AMD APU A10-6800K ‘Richland’ , yang datang dengan kecepatan CPU sampai dengan 4.4Ghz. Uniknya, banyak overclocker yang mengaku bahwa AMD A10-6800K ini bisa dioverclock ke angka 5 Ghz dengan menggunakan pendingin watercooling biasa, seperti yang pernah kami uji disini. Dua prosesor dari AMD ini sukses membuktikan satu hal: AMD telah berhasil meningkatkan kualitas silikon pada proses fabrikasi 32nm-nya, yang digunakan oleh prosesor dengan inti CPU ‘Piledriver'(perbaikan dari Bulldozer). Memang, memiliki clock tinggi tidak selalu berefek baik, karena ada beberapa masalah yang bisa saja datang karena frekuensi kerja tinggi, misalnya saja konsumsi daya dan suhu yang relatif tinggi. Namun setidaknya bagi AMD, kecepatan clockspeed yang tinggi ini membuat mereka kembali kompetitif dengan pesaingnya.

Nah, seperti yang sudah kami utarakan diatas, kemampuan untuk mencapai clock tinggi pada prosesor AMD sangat menarik bagi overclocker yang hobi bereksperimen. Kami dari JagatReview OC Team pernah melakukan beberapa percobaan extreme overclocking dengan tujuan mencapai clock CPU setinggi-tingginya, misalnya:

  1. Percobaan mencapai 7 Ghz di AMD A10-5800K ‘Trinity’
  2. Mencapai angka 7.7 Ghz dengan FX-8150 di ASUS Crosshair V Formula
  3. Live Overclocking Demo – FX-8350 ‘Vishera’ @ 7.4Ghz

Sekarang, kami akan mencoba mencapai angka 8 Ghz, dengan AMD APU A10-6800K. Mari simak pengujiannya!

Ruang Lingkup Pengujian

Tujuan dari pengujian yang kami lakukan kali ini sangat sederhana: Capai CPU Clock Setinggi-tingginya dengan prosesor AMD A10-6800K ‘Richland’, dengan target 8 Ghz. Angka yang ‘ajaib’ tersebut bukan tidak mungkin dicapai, karena beberapa bulan lalu salah seorang Master Overclocker asal Finlandia, Roger a.k.a ‘TheStilt’, sudah pernah mencapai batas 8.2 Ghz.

Tentu saja, kecepatan 8Ghz ini hanya dijalankan dalam waktu singkat(mungkin hanya beberapa detik saja), dan bukan bertujuan untuk dijalankan sehari-hari, karena menggunakan pendingin ekstrim seperti LN2.

Nah, mari mulai!

 

Spesifikasi Testbed + Persiapan

Persiapan dimulai dengan mengumpulkan hardware yang akan digunakan. Salah satu tugas yang harus dikerjakan adalah mencari CPU A10-6800K yang memiliki overclockability baik. Segenap tim JagatOC membeli 8(delapan) CPU A10-6800K untuk mencari mana CPU yang terbaik.

6800KExtreme_02

 

Sedikit di luar dugaan, dengan tegangan 1.55V dan Watercooling kit Corsair H80i, semua prosesor A10-6800K yang ada bisa berjalan di clock diatas 5 Ghz. Menurut hasil uji singkat kami menggunakan watercooling, dari total 8 CPU, ada empat CPU menyentuh angka 5.3Ghz, dua menyentuh angka 5.4Ghz, satu berhasil menyentuh 5.5Ghz, dan yang terbaik mampu berjalan pada clock 5.6Ghz.  Sedikit catatan tambahan, mencapai angka 5.6Ghz dengan hanya watercooling agak sulit dilakukan di AMD APU generasi sebelumnya (A10-5800K ‘Trinity’), dan pencapaian clock ini menunjukkan bahwa APU Richland memang disiapkan untuk berjalan dengan kecepatan tinggi.

 

Berikutnya, melapisi motherboard yang digunakan dengan kneaded eraser. Hal ini dilakukan untuk mencegah kondensasi merusak komponen motherboard.

6800KExtreme_01

 

Spesifikasi Lengkap PC kami adalah:

6800KExtreme_11

  • CPU: AMD APU A10-6800K ‘Richland’
  • Motherboard: MSI FM2-A85XA-G65
  • RAM : Corsair Vengeance 2133C9 1x4GB (single channel mode)
  • VGA: nVIDIA Geforce 8600GT
  • HDD: WD Raptor 600GB
  • PSU : Corsair AX1200i 1200W PSU
  • CPU Cooling : Kingpincooling Venom + LN2
  • Thermal paste: Noctua NT-H1
  • OS : WindowsXP Sp3 32-bit

Baik, sekarang semua sudah siap, mari menuju pengujian lengkap di halaman berikutnya!

Disclaimer :

1)Tingkat overclocking yang didapat pada setiap pengujian kami bisa jadi berbeda dengan apa yang Anda dapatkan, bergantung pada kualitas CPU, Integrated Memory Controller(IMC), RAM, dan lain sebagainya.

2) Overclocking sedikit banyaknya dapat memberikan efek negatif bagi sistem Anda (ketidakstabilan OS, bahkan kerusakan permanen hardware) Jangan meng-overclock kalau anda tidak benar-benar yakin dengan apa yang anda lakukan. Lakukan OC dengan resiko ditanggung sendiri, Do it at your own risk!

3. Semua setting Extreme Overclocking yang ada di artikel ini SANGAT BERBAHAYA untuk diaplikasikan ke sistem anda seandainya tidak menggunakan pendingin ekstrim seperti LN2. JANGAN mencoba setting yang ada disini tanpa menggunakan pendingin ekstrim!

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES