in: News | October 26, 2013 | by: Yufianto Gunawan

IBM Dapatkan Lisensi ARM untuk Tablet dan Smartphone

Salah satu perusahaan ternama di bidang IT, IBM, disebut telah menambah lisensi ARM yang telah mereka miliki saat ini dengan core ARM yang biasa digunakan untuk tablet dan smartphone. Lisensi baru yang mereka dapatkan tersebut membuat perusahaan tersebut kini mampu membangun prosesor berbasis ARM Cortex A7, A12, dan A15 yang bisa digunakan di perangkat komunikasi atau jaringan yang mereka kreasikan.

url

Prosesor ARM baru tersebut menurut informasi yang diberikan oleh perwakilan IBM, Michael Corrado, akan benar-benar dimanfaatkan untuk membuat perangkat telekomunikasi, berupa tablet dan handset. Namun, perusahaan tersebut tidak akan membuat perangkat tablet dan handset yang ditujukan untuk kebutuhan konsumen. Mereka tampaknya lebih memilih untuk mempersiapkan diri menghadapi persaingan di dunia bisnis dengan jajaran perangkat tablet dan handset yang akan mereka kembangkan tersebut.

Selain beberapa core Cortex tersebut, IBM dikabarkan juga mendapatkan lisensi untuk pengolah grafis ARM, Mali 450. Tampaknya perusahaan tersebut akan menggunakan pengolah grafis tersebut untuk melengkapi System-on-a-Chip (SoC) berbasis Cortex yang akan mereka buat.

IBM sendiri bukan pemain baru di dunia ARM. Mereka telah memiliki lisensi untuk produk-produk ARM sejak 13 tahun lalu. Namun, untuk core ARM yang biasa digunakan untuk tablet dan smartphone, mereka baru pertama kali ini mendapatkan lisensi untuk membangun prosesor berbasis core tersebut. Mereka tampaknya ingin mencoba untuk mendapatkan kegunaan lebih dari core-core tersebut dengan memanfaatkannya untuk perangkat lain di luar tablet dan smartphone.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES