in: News | October 16, 2013 | by: Yufianto Gunawan

MIPS Coba Kejar ARM dan x86 di Android

Imagination Technologies, perusahaan yang dikenal melalui produk pengolah grafis perangkat mobile Power VR, dikabarkan tengah menyiapkan prosesor dengan arsitektur MIPS untuk mengejar ARM dan x86 di platform mobile. Arsitektur MIPS ini selama ini banyak digunakan dalam prosesor untuk perangkat media player dan perangkat jaringan. Namun, dengan melakukan berbagai perbaikan, Imagination Technologies akan mencoba membawa arsitektur tersebut ke dunia mobile, terutama untuk platform berbasis sistem opearsi Android.

8b15Imagination-Technologies-MIPS

Untuk langkah awal, Imagination Technologies dikabarkan telah siap memberikan lisensi untuk Warrior CPU core, desain prosesor mereka yang menggunakan arsitektur MIPS, ke perusahaan-perusahaan yang berminat membuat SoC dengan prosesor berbasis MIPS. Langkah serupa telah ditetapkan ARM sejak lama, dimana mereka memberikan lisensi Cortex mereka untuk perusahaan-perusahaan yang berminat.

MIPS P5600, versi awal dari Warrior CPU, yang telah disiapkan Imagination Technologies disebut akan hadir dalam wujud core prosesor 32-bit yang bisa diimplementasikan hingga 6 core berkecepatan 2 GHz atau lebih untuk setiap prosesornya. Bila tidak ada halangan, Imagination Technologies akan mulai memberikan lisensi untuk Warrior CPU tersebut pada akhir tahun 2013 ini dengan produk SoC pertama yang diharapkan akan siap diproduksi masal dalam 18 bulan. Namun, mereka belum bisa memastikan kapan desain final dari produk SoC dengan Warrior CPU ini akan hadir serta siapa saja yang sudah tertarik untuk mengadopsi Warrior CPU ini.

Selanjutnya, setelah MIPS P5600, pihak Imagination Technologies akan terus mengembangkan lini produk mereka dengan menghadirkan beberapa Warrior CPU baru, termasuk juga varian 64-bit. Produk tersebut rencananya akan siap dilisensikan mulai tahun 2014 mendatang.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES