in: News | October 15, 2013 | by: Ridwan Fariz

NVIDIA Tegra 6 64-bit Hadir Akhir Tahun 2014

Apple dengan device iPhone 5S miliknya diketahui sebagai smartphone pertama yang menggunakan arsitektur chipset 64-bit. Beberapa pengamat teknologi menyebutkan jika arsitektur tersebut masih belum akan bisa dimanfaatkan dengan optimal untuk device smartphone saat ini, mengingat penggunaan kapasitas RAM yang masih terbatas, dan juga para developer yang masih menggunakan lingkungan 32-bit dalam membuat aplikasi-aplikasi miliknya.

NVIDIA_Tegra_250_3qtr_large

Entah dalam jangka waktu setahun, atau mungkin beberapa bulan kedepan, arsitektur 64-bit ini akan mulai banyak digunakan, melihat beberapa produsen chipset sudah akan segera mengadopsi teknologi tersebut. Menurut laporan dari ExtremeTech, perusahaan “kubu hijau” NVIDIA segera menerapkan teknologi ini pada generasi Tegra 6 miliknya pada akhir tahun depan. NVIDIA sendiri sudah membeli lisensi ARMv8 64-bit ini, dan sedang mengerjakan chip Tegra dengan kode nama “Parker” ini dengan schedule rilis yang lebih cepat dari roadmap sebelumnya yang tertera untuk tahun 2015.

tegra

Lalu bagaimana dengan Tegra 5? Chipset NVIDIA dengan kode nama “Logan” ini akan memperbaiki kegagalan Tegra 4 yang terbukti kurang diminati para OEM pembuat smartphone saat ini. Dengan basis ARM Cortex A15 seperti yang digunakan pada Tegra 4, Logan a.k.a Tegra 5 akan hadir pada awal tahun 2014 dengan membawa fitur dukungan CUDA, OpenGL 4.3, dan dukungan chip GPU GeForce cores (Kepler ) yang akan menjadi senjata utamanya.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES