in: News | October 26, 2013 | by: Ozal

Samsung dan Corning Jalin Kesepakatan ‘Saling Beli Saham’

samsung_01

Produsen kaca ternama khusus untuk perangkat mobile, Corning, mengumumkan akan memperkuat serangkaian perjanjian strategi bisnis mereka untuk jangka panjang dengan Samsung. Kesepakatan itu nantinya akan meningkatkan penghasilan Corning dan juga di satu sisi akan menjamin pasokan kacanya untuk Samsung. Keduanya pun setuju akan bekerja sama melakukan pemasokan hingga 2023 mendatang.

Sebagai bagian dari perjanjian itu, Corning akan membeli 43 persen saham di usaha pantungan mereka dengan Samsung Display bernama, Samsung Corning Precision Materials (SCPM) yang ada di Korea Selatan. SCPM sendiri merupakan usahan patungan di antara keduanya yang dikhususka memproduksi kaca LCD di Korea dan didirikan pertama kali pada 1995 silam. Selain itu, Corning juga akan membeli pemegang saham minoritas lainnya di SCPM.

Sebagai gantinya, Samsung mendapat kesempatan untuk membeli saham baru di Corning (bukan di SCPM) senilai US$ 1,9 miliar. Dengan begitu, Samsung akan mendapat 7,4 persen saham di Corning. Selain itu, Samsung juga akan mengeluarkan dana tambahan sebesar US$ 400 juta untuk investasi di Corning. Semua transaksi ini rencananya ditutup pada kuartal pertama tahun depan nanti.

“Kami sangat senang memasuki kolaborasi era baru dalam hubungan ekuitas kami selama 40 tahun dengan Samsung, salah satu pemimpin global barang elektronik konsumen. Perjanjian ini akan memberi keuntungan finansial dan strategis penting bagi Corning dan Samsung,” kata Wandell P. Weeks, CEO Corning, dilansir Cellular News.

Kedua perusahaan berharap, dari kerja sama bakal ada penghematan biaya produksi ayar mencapai US$ 100 juta pada 2015, dan meningkat lagi setelah itu. Pendapatan Corning kuartal ketiga ini juga telah meningkat lima persen menjadi US$ 2,1 miliar. Pihaknya pun bersama Samsung ingin serius mengembangkan teknologi kaca fleksibel yang dipercayai akan menjadi tren smartphone masa depan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES