in: News - Otomotif | October 25, 2013 | by: Cerira

Volvo Kembangkan Panel Bodi Mobil dengan Baterai Nano

volvo-3

Volvo baru saja mendapatkan sebuah solusi untuk menggantikan baterai yang berat pada mobil. Perusahaan otomotif asal Swedia tersebut mengembangkan teknologi yang juga bisa digunakan pada kendaraan yang digerakkan dengan listrik untuk menggantikan baterai besar dan berat yang biasa dibutuhkan untuk menjalankan mobil jenis tersebut.

Teknologi yang ditemukan Volvo merupakan sebuah sistem yang terbuat dari panel bodi dari materi karbon fiber yang mengandung baterai nano mungil dan kapasitor super dimana panel baterai tersebut bisa diisi ulang dengan menggunakan sistem pengereman regeneratif. Menurut penjelasan Volvo, sistem baru ini akan bisa mengisi baterai dengan lebih cepat dibandingkan baterai mobil standar yang ada saat ini dimana sistem tersebut sudah diuji coba dalam platform terbaru dari mobil besutan Volvo, S80. Dengan seri baru ini Volvo mengganti ruang penyimpanan di mobil dan beberapa bagian lainnya yang biasa ada di mobil listrik Volvo.

volvo-2

Selain bisa mengisi baterai dengan lebih cepat, keuntungan lain dari adanya panel ini adalah panel-panel tersebut secara signifikan akan memperingan bobot yang artinya kendaraan yang menggunakan panel ini bisa menggunakan baterai yang lebih kecil sehingga bisa memberikan jangkauan yang lebih jauh dan meningkatkan performa mobil.

Selain di bagian bodi, Volvo juga meletakkan panel baru tersebut di bawah kap mobil dan panel ini sendiri mampu menggantikan baterai 12v. Dengan penggantian tersebut, artinya teknologi ini juga bisa diaplikasikan ke mobil standar dan tentunya kendaraan yang dijalankan dengan tenaga listrik.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES