AMD Umumkan APU untuk Laptop dan Tablet

Author
Dedy Irvan
Reading time:
November 14, 2013

Temash adalah APU AMD terakhir yang dikategorikan Ultra-Low Power oleh AMD. Sementara itu, Kabini adalah APU AMD yang memiliki performa lebih tinggi dari Temash, namun dengan konsumsi daya rendah pula. Keduanya dirancang untuk hadir dalam laptop dan tablet. Sebagaimana biasanya, solusi AMD umumnya memang cenderung lebih terjangkau. Oleh sebab itu, Temash dan Kabini hadir di laptop dengan harga terjangkau pula.

APU13-mobile

Dalam ajang APU13 di San Jose, USA kali ini AMD mengumumkan detail lebih lanjut mengenai penerus kedua APU tersebut di atas. Kabini akan digantikan oleh Beema. Sementara Temash digantikan oleh Mullins. Sama dengan pendahulunya, kedua APU baru ini pun merupakan sebuah sistem SoC dan bisa memiliki hingga 4 core. Adapun sisi prosesor yang digunakannya adalah core Puma.

 

Peningkatan Performa per Watt

AMD menampilkan bahwa Mullins dan Beema mampu mengalahkan pendahulunya denga performa lebih dari 2 kali lipat. Hasil pengujian tersebut dilakukan dengan PCMark 8 Home dan 3DMark11. Sayangnya, tidak dijelaskan berapa skor yang diperoleh. Satu hal yang sangat menarik jika kami memperhatikan detail pengujian ini adalah jumlah keping memori yang dipakai. Semua sistem yang diuji menggunakan 2 keping DDR3. Apakah ini pertanda bahwa Mullins dan Beema bisa menggunakan konfigurasi dual channel memory? Jika benar, kami tak heran jika peningkatan performa kedua APU baru ini bisa sangat tinggi. Sebab, Temash dan Kabini hanya bisa menggunakan konfigurasi single channel memory (dalam pengujian juga menggunakan 2 keping).

APU13-mullins-perf APU13-beema-perf

Konsumsi Daya Lebih Rendah, Cocok untuk Tablet

AMD menyatakan bahwa Beema memiliki TDP di ksiaran 10W-25W. Pendahulunya, Kabini, memiliki TDP 15W-25W. Sebuah perbedaan yang cukup jauh jika mengingat peningkatan performa yang cukup tinggi.

Mullins, yang dirancang untuk bekerja tanpa kipas pendingin, memiliki SDP 2W atau kurang. Lagi-lagi, ini adalah perbaikan yang patut diacungi jempol jika dilihat dari peningkatan performanya. Tidak dibutuhkannya kipas pendingin membuat Mullins cocok untuk tablet, laptop super-tipis, atau perangkat 2-in-1.

APU13-mobile-roadmap

 

Kolaborasi dengan Microsoft untuk Dukungan Windows 8.1

Seiring dengan diumumkannya Beema dan Mullins, AMD pun menjelaskan mengenai kolaborasi dengan Microsoft dalam hal ini optimalisasi Windows 8.1.

AMD Wireless Display bisa dijalankan dengan Windows 8.1 seiring dukungan teknologi Miracast.

Peningkatan performa pun dijanjikan AMD. Optimalisasi pada Windows 8.1 dan peningkatan performa dari AMD driver dilakukan untuk memperbaiki performa platform APU.

Dukungan WebGL pada Internet Explorer 11 membuat penggunaan APU AMD mampu meningkatkan kenyamanan penggunanya saat browsing di Internet. Akselerasi WebGL akan dibantu dengan sisi grafis dari APU AMD.

Microsoft InstantGo sudah dikenal cukup lama dapat membuat komputer menjadi terasa lebih responsif dan bisa mempertahankan konektivitas meski CPU memasuki tahap ‘sleep’. Kini AMD pun mengumumkan bahwa APU terbarunya sudah mendukung MS InstantGo tersebut.

 

Dilengkapi ARM TrustZone

ARM sudah mengumumkan ARM TrustZone yang mampu menjaga sekuriti sebuah sistem. Perlindungan ini dilakukan dengan menyematkan prosesor ARM ke dalam sebuah SoC. Beema dan Mullins adalah dua APU pertama, yang diumumkan oleh AMD, yang sudah memiliki tambahan prosesor ARM di dalam SoC-nya, untuk kebutuhan sekuriti.

APU13-ARM-trust

ARM TrustZone menyediakan Trusted Execution Environment (TEE) yang melindungi sistem dari serangan software. Selain itu, ARM TrustZone juga menyuguhkan kemampuan pengendalian ekstra. Hal ini tentu sangat dibutuhkan dalam era Internet ini, bukan?

 

AMD Dockport

Pengembangan teknologi AMD tampaknya sangat pesat. Beema dan Mullins pun dilengkapi dengan AMD Dockport. Sistem interkoneksi ini mampu menghubungkan koenktivitas daya listrik, USB 3.0 dan tampilan (display) dalam satu kabel saja.

APU13-dockport

 

Beema dan Mullins: Diluncurkan sebelum pertengahan tahun 2014

Tertarik dengan kedua tawarn AMD ini? Tampaknya konsumen tidak perlu menunggu terlalu lama. AMD menjanjikan bahwa keduanya akan tersedia sebelum pertengahan tahun 2014. Jika dilihat dari rencana tersebut, seharusnya dalam pamera Computex 2014, kita akan melihat banyak laptop/tablet yang menggunakan kedua APU baru tersebut. Satu hal yang perlu diingat, jangan menyamakan Beema dan Mullins dengan Kaveri. Kedua APU low-power ini tidak dirancang untuk HSA. Jadi, keduanya tidak memiliki hQ dan hUMA seperti Kaveri.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…