in: News | November 28, 2013 | by: Yossie Dwi P

Aplikasi Kamera Nokia Kini Dukung Format RAW

1520-two

Penggunaan format RAW dalam fotografi perangkat mobile memang belum terlalu populer. Apalagi ukuran file-nya cenderung lebih besar dibanding format JPEG. Namun hal ini nampaknya tak menghalangi Nokia untuk melakukan update pada aplikasi kameranya di smartphone seri Lumia. Kabar gembira tentunya bagi pecinta dunia fotografi.

Melalui software update Lumia Black, pengguna Nokia Lumia kini bisa mendapatkan hasil jepretan dengan format RAW Digital Negative Format (DNG). Sayang, untuk saat ini update tersebut hanya bisa digunakan untuk seri Lumia 1520 dan Lumia 1020.

Seperti diketahui Lumia 1520 dan Lumia 1020 masing-masing dibekali kamera papan atas, yakni 20 megapixel dan 41 megapixel. Memori internal 32GB (tambahan slot microSD pada Lumia 1520) pun dinilai cukup lapang untuk bisa menampung file-file dengan format RAW.

Dengan ketersediaan RAW, pengguna akan mendapatkan sebuah image yang tidak dikompresi dengan jumlah post processing yang sangat minimal. Meski ukurannya besar, detail dalam gambar akan terlihat lebih baik.

Menurut pihak perusahaan, gambar dengan format Nokia DNG nantinya dapat diproses lewat Photoshop dengan White Balance yang terlihat lebih natural. Kehadiran format RAW dalam sebuah smartphone memang bukan hal baru. Meski Nokia lebih dulu mengumumkan fitur tersebut, baru-baru ini smartphone Android disebut-sebut juga akan menawarkan hal serupa.

Sumber: TechRadar

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES