in: News | November 23, 2013 | by: Ridwan Fariz

ARM Bantah Sedang Kembangkan Prosesor 128-bit

Diketahui beberapa waktu belakangan ini, berita mengenai perkembangan chip SoC berbasis 64-bit memang sedang hangat menjadi topik pembicaraan. Apple sebagai salah satu perusahaan yang pertama kali mengimplementasikan chip 64-bit pada perangkat pintar dan juga jajaran tablet miliknya, dinilai oleh beberapa pihak masih terlalu dini untuk pemanfaat teknologi tersebut, mengingat penggunaan jumlah memory yang dimiliki juga masih terbatas. Sedangkan produsen SoC seperti NVIDIA, Qualcomm, dan Samsung sudah memiliki roadmap masing-masing untuk merilis prosesor berbasis 64-bit ini pada tahun 2014 mendatang.

arm

Beberapa hari lalu berita menarik datang dari salah satu harian Korean Herald yang mem-publikasikan artikel, memberitakan jika ARM tidak hanya sedang mengembangkan chip 64-bit tetapi juga sedang mengembangkan chip prosesor berbasis 128-bit untuk tahun 2015! Bagi orang yang mengerti mengenai arsitektur sebuah prosesor, tentu saja tidak akan percaya begitu membaca berita tersebut, namun sayangnya pemberitaan media yang bombastis dan terkesan mengada-ada (tanpa sumber jelas), membuat rumor ini tersebar luas, hingga terdengar oleh salah satu petinggi ARM (CMO) dan langsung membuat pernyataan resmi bahwa berita tersebut tidaklah benar.

Dikatakan melalui blog resminya, teknologi prosesor 64-bit ini merupakan era baru untuk perkembangan perangkat mobile. Bahkan untuk sebuah PC dengan prosesor teknologi terbaru saat ini masih memanfaatkan teknologi prosesor 64-bit dan teknologi 128-bit tentu saja masih belum diperlukan bahkan untuk beberapa tahun mendatang. Secara teori prosesor 128-bit ini baru akan dibutuhkan jika penggunaan memory sudah melewati angka 16 Exabytes atau 17.2 milyar Gigabytes. Jadi berita/artikel yang ditulis tersebut merupakan sebuah lelucon besar bagi pembacanya yang mengerti cara kerja prosesor. 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES