in: News | November 16, 2013 | by: Ozal

iPhone Tiru Teknologi Layar Terbaru Milik Samsung?

iphone terbaru

Apple dikabarkan sedang mengembangkan teknologi layar baru yang lebih besar dan dilengkapi dengan kaca melengkung serta sensor layar yang dapat mendeteksi setiap sentuhan sekecil apapun untuk iPhone generasi selanjutnya. Tampaknya, dua teknologi yang tengah dalam pengembangan itu sudah lama diciptakan oleh Samsung melalui Galaxy Round dan Galaxy Note.

Seperti dilansir dari Bloomberg, seorang sumber mengatakan, dua model terbaru iPhone yang akan diperkenalkan pada semester kedua tahun depan, memiliki ukuran layar (diagonal) 4,7 inci dan 5,5 inci. Ukuran tersebut lebih luas dibanding ukuran iPhone 5 yang hanya 4 inci atau iPhone 4 seluas 3,5 inci. Namun, hampir setara dengan ukuran yang dimiliki Galaxy Note seluas 5,7 inci.

Sensitivitas terhadap berbagai tingkat sentuhan sekecil apapun merupakan fitur baru dan paling menarik yang dihadirkan Apple. Bahkan, akan jauh lebih baik dari fitur yang ada sebelumnya, “digital ink”. Pengguna nantinya bisa menulis catatan, hanya dengan menggunakan jari maupun stylus, layaknya menulis atau mencoret-coret di atas kertas sungguhan. Layar tersebut mampu membuat garis tebal maupun tipis, tergantung seberapa keras pengguna menyentuh layar iPhone tersebut.

Sayangnya, ini bukan inovasi yang diciptakan sendiri oleh Apple. Pesaing terdekatnya, Samsung sudah jauh berada di depan dalam hal ini. Seri Galaxy Note yang pertama kali hadir pada akhir 2011 sudah dilengkapi teknologi layar sensitif. Awalnya, Samsung sempat diejek oleh berbagai pihak karena ukuran Galaxy Note yang terlalu besar (5,3 inci) untuk sebuah smartphone. Namun nyatanya, Galaxy Note menjadi salah satu smartphone Samsung paling sukses dan sudah memiliki generasi yang ketiga dengan layar berukuran 5,7 inci.

Sementara informasi detail mengenai layar lengkung di iPhone masih belum jelas. Ambisi Apple untuk menghadirkan layar melengkung di iPhone sebenarnya muncul dari pendirinya sendiri yang telah tiada, Steve Jobs. Dengan kata lain, rumor Apple ingin menghadirkan teknologi tersebut telah ada sejak 2011. Akhirnya pada 2012 lalu, pihaknya melakukakan pengajuan paten layar lengkungp.

“Handset terbaru Apple saat ini masih dalam tahap pengembangan dan belum selesai,. Apple mungkin akan memperkenalkannya pada kuartal ketiga tahun depan,” kata sumber tersebut. Juru bicara Apple, Natalie Kerris menolak berkomentar mengenai berita tersebut.

Apple sudah kehabisan ide kah membuat inovasi di iPhone terbarunya? Ya, semoga saja tidak.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES