in: News | November 30, 2013 | by: Yossie Dwi P

Jolla Luncurkan Smartphone Ber-OS Sailfish

jolla-smartphone

Perusahaan asal Finlandia, Jolla, akhirnya secara resmi meluncurkan smartphone terbaru mereka yang berbasis sistem operasi Sailfish. Sekitar 450 perangkat telah siap dijual dimana sebagian besar dipastikan tertuju pada mereka yang telah melakukan pre-order.

Yang menarik dari smartphone Jolla tentunya adalah Sailfish OS. Sistem operasi ini adalah hasil pengembangan dari MeeGo yang tak lagi diurus oleh Nokia sejak 2011 lalu, terutama saat mereka mengadopsi Windows Phone.

Satu hal yang bisa menjadi daya tarik tersendiri adalah nantinya Sailfish OS bisa menjalankan aplikasi-aplikasi yang didesain untuk sistem operasi Android. Pengguna dapat mengunduh aplikasi Android melalui Yandex Store, salah satu toko aplikasi Android dengan lebih dari 85 ribu apps.

Bicara spesifikasi, smartphone Jolla dibekali layar qHD 4,5 inci IPS. Performanya didukung oleh prosesor Snapdragon 400 dual-core 1.4GHz Krait, GPU Adreno 305, RAM 1GB, memori internal 16GB, kamera 8 megapixel, dan tenaga dari baterai berkekuatan 2100mAh.

Jolla juga telah mendapatkan lisensi untuk menyediakan Nokia HERE Maps di produknya. Perlu diketahui saat ini Nokia HERE telah mencakup lebih dari 190 negara di dunia.

Dengan kehadiran Jolla maka persaingan di pasar smartphone semakin ramai. Tinggal bagaimana Jolla merancang strategi yang baik untuk mampu berbicara banyak. Perusahaan yang dipenuhi mantan-mantan karyawan Nokia ini membanderol produknya di kisaran USD 596 dan dalam waktu dekat berencana menjualnya di 135 negara.

Sumber: BBC

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES