in: News | November 10, 2013 | by: Cerira

Nikon Df, DSLR Full Frame Berdesain Retro

Desain klasik memag selalu mendapatkan tempat di hati para pecintanya, tak terkecuali bagi para penggemar kamera. Desain klasik dan jadul dari kamera-kamera saat masih menggunakan film masih dirindukan oleh para penggemarnya. Setelah Fujifilm, Olympus hingga Panasonic menghadirkan kamera terbaru mereka namun dalam balutan bodi berdesain retro, giliran vendor terkemuka Nikon juga menghadirkan kamera terbarunya dengan desain klasik. Nikon memperkenalkan seri Df yang meski berdesain retro namun memiliki spesifikasi canggih sebagai kamera DSLR full-frame.

nikon-df

Jika vendor lain menghadirkan kamera retro mereka dalam platform fixed-lens juga mirrorless interchangeable lens, maka Nikon Df menjadi kamera DSLR full frame pertama yang memiliki desain retro. Spesifikasinya sendiri mirip dengan pendahulunya D4 dengan sensor FX CMOS 16.2 megapiksel full-frame (36 x 23.9 mm), Dengan bodi yang lebih mungil dan tampilan retro menjadikan Nikon Df terlihat  klasik. Tak ketinggalan kamera ini juga menghadirkan tombol kontrol mekanis sehingga semakin memberikan kesan klasik seperti kamera film jaman dahulu.

nikon-df-2

Sensor Nikon Df dipasangkan dengan mesin pemrosesan image EXPEED 3 untuk menghasilkan kualitas gambar super. Kamera ini memiliki jangkauan ISO 100 – 12,800 yang berarti kamera ini bisa menghasilkan gambar solid dalam kondisi pencahayaan sangat rendah serta mampu membuat bidikan continuous burst pada kecepatan 5.5 fps. Untuk auto fokusnya sendiri dipadukan dengan sistem AF 39-point Multi-CAM 4800 dengan sembilan sensor tipe silang  seperti yang dimiliki Nikona D610. Dan fitur yang paling utama dari kamera ini adalah kontrol mekanis manual berbasis putar sehingga tampilan retro semakin kental dan memberikan rasa untuk memadukan Setting dengan kontrol putar termasuk shutter speed, ISO, kompensasi eksposur dan mode bidikan. Disediakan juga kontrol lain seperti tombol fungsi di bagian depan yang tentunya semakin membuatnya menarik bagi para penggemarnya.

nikon-df-3

Nikon Df memiliki viewfinder kaca optis pentaprisma yang memberikan jangkauan frame hingga 100%. LCD yang dimiliki kamera berdimensi 143.5 x 110 x 66.5 mm dan berat 765 gr ini sebesar 3.2 inch dengan tipe LCD di bagian belakang dengan resolusi 921k titik. Bodi kamera sendiri dibalut dengan materi magnesium berkualitas tinggi yang menutup bagian atas, bawah dan belakang. Kamera ini juga menawarkan level yang sama untuk lapisan cuaca seperti pada Nikon D800.

Kamera ini dilengkapi dengan ekspansi memori untuk Compact Flash dan juga sebuah slot SD card. Tidak ada built-in flash di sini atau koneksi WiFi, namun Df menyediakan hot-shoe untuk menambahkan flash eksternal jika dibutuhkan. Nikon Df akan tersedia dalam warna perah dan hitam serta akan mulai dipasarkan akhir bulan November ini dengan harga US$2,800 untuk bodinya saja atau $3,000 jika ditambah dengan lensa kit 50-mm F1.8 G.

Tags:

Comments

RANDOM ARTICLES