in: Direct Release | November 13, 2013 | by: Dian Syarifuddin

[PR] Penipuan Muncul Setelah Topan Haiyan Menyerang Filipina

Laporan media memprihatinkan dari Filipina menyebabkan beberapa panggilan untuk bantuan diajukan oleh beberapa pemerintahan dan LSM di seluruh dunia. Saat banyak permintaan donasi resmi diposting di jejaring sosial dan situs populer lainnya, menyedihkan bahwa para scammer sudah mulai mengambil keuntungan dari situasi ini dengan mengirimkan pesan email yang berisikan permintaan donasi palsu. Kami pernah melihat taktik serupa dari bencana-bencana  di masa lalu, seperti bencana Fukushima dan badai Sandy, dan nampaknya akan ada semakin banyak scam/penipuan akan bermunculan dalam beberapa hari mendatang.

Help Philippines

Mengingat skala kerusakan di Filipina dan perlunya bantuan untuk pulih, kami menganjurkan agar masyarakat terus memberikan dukungan dan bantuan; namun kami juga mengingatkan pembaca untuk tetap waspada ketika memberikan donasi secara online.

Symantec merekomendasikan untuk mengambil tindakan pencegahan sebagai berikut :

1)    Ekstra waspada ketika membuka email yang tidak diharapkan.

2)    Verifikasi keaslian dari organisasi yang Anda transfer dana.

3)    Jangan merespon email yang meminta informasi pribadi dan rahasia Anda.

Saya ingin menginformasikan mengenai posting blog dari peneliti keamanan Symantec yang menjelaskan penipuan ini, bagaimana mereka bekerja dan screenshot dari penipuan yang ada. Kami berbagi informasi ini sehingga masyarakat dapat tetap waspada dan terlindungi dari ancaman-ancaman ini, sehingga dana dapat diterima oleh korban yang membutuhkan.

Link posting blog : http://www.symantec.com/connect/blogs/scams-emerge-typhoon-haiyan-strikes-philippines

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES