in: News | December 2, 2013 | by: Patrick

Amazon Ujicoba Kirim Paket Dengan Pesawat Tanpa Awak

gambar via CBS News
gambar via CBS News

Amazon baru-baru ini mengujicoba layanan pengiriman paket dengan menggunakan drone untuk mengirim paket 30 menit setelah pesanan masuk ke dalam sistem.

Layanan yang dinamakan Amazon PrimeAir ini menggunakan drone, atau pesawat tanpa awak, dengan delapan baling-baling. Drone seukuran pesawat remote control ini akan membawa plastik berisi boks seukuran sepatu dari pusat pengiriman ke rumah pelanggan yang memesan.

Layanan ini dapat mulai beroperasi dalam jangka waktu empat hingga lima tahun ke depan. Namun, Amazon masih perlu ujicoba lebih lanjut dan mereka masih membutuhkan izin resmi dari Badan Penerbangan Amerika (FAA). Informasi ini didapat dari wawancara CEO Amazon Jeff Bezos pada suatu wawancara.

Kendaraan udara ini dijalankan tanpa awak dan hanya berpedoman pada GPS untuk mengirim kargo. “Hal ini memang terlihat seperti (di film) sains fiksi, tapi tidak,” tambah Bezos.

Malah, pesawat tanpa awak seperti ini telah beroperasi di China dan sebuah start-up di Australia pun telah bersiap melakukan layanan serupa mulai tahun depan.

Amazon sendiri berkata bahwa FAA sedang bekerja mempersiapkan aturan untuk mengelola penggunaan pesawat tanpa awak ini.

“Satu hari nanti, pesawat Prime Air ini akan terlihat normal layaknya orang melihat kendaraan pos seperti saat ini,” tulis Amazon pada halaman FAQ mereka, menambahkan bahwa keamanan adalah kunci utama. “Pesawat tanpa awak kami akan dibuat dengan keamanan ganda dan dirancang dengan standar penerbangan komersial.”

via CBS News

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES