in: News | December 16, 2013 | by: Ozal

Google Telah Balik Modal Semenjak Caplok Youtube?

Youtube 2

Hingga saat ini, raksasa internet Google tak pernah mengungkapkan, berapa banyak uang yang mereka dapatkan dari Youtube semenjak dibelinya pada 2006 silam senilai US$ 1,65 miliar. Para analis mulai menebak-nebak hasil yang didapat Google, tak terkecuali laporan terbaru yang dikeluarkan eMarketer ini.

Menurut analisis eMarketer, Google diperkirakan bakal memperoleh pendapatan kotor dari iklan Youtube senilai US$ 5,6 miliar pada tahun ini atau meningkat tajam sebanyak 51,4 persen dibandingkan tahun lalu. Angka itu pun telah menyumbang 11,1 persen dari keseluruhan pendapatan yang didapat Google.

Sementara itu, pendapatan iklan bersih yang didapat Google setelah memabayar jasa kepada mitra dan pembuat video iklannya, diperkirakan akan mencapai US$ 1,96 miliar. Hasil ini pun turut meningkat signifikan dari pendapatan bersih tahun lalu yang hanya sebesar US$ 1,18 miliar atau naik 65,5 persen.

youtube

eMarketer, dikutip dari the Guardian juga memprediksikan, pendapatkan iklan bersih Youtube, mayoritas berasal dari pasar Amerika Serikat. Setidaknya, untuk pasar AS saja, Google bisa meraih pendapatan iklan bersih mencapai US$ 1,08 miliar pada 2013 ini.

Pihaknya pun menjelaskan, perkiraaan pendapatan yang didapatnya tersebut berdasarkan, “ratusan datapoint dan riset tentang pendapatan Youtube, tayangan iklan, harga iklan, dan sejumlah faktor lainn yang dikumpulkan dari berbagai perusahaan riset, bank investasi, laporan keuangan Google, dan wawancara dengan pihak eksekutif industri.”

Bila memang demikian, dalam waktu tujuh tahun semenjak membeli Youtube, artinya Google telah balik modal. Bahkan uang yang mereka keluarkan pada 2006 silam senilai US$ 1,65 miliar tersebut, kini telah menjadi pendapatan tahunan dari Youtube itu sendiri. Ini mengingat, jumlah pengakses Youtube telah mencapai 1 miliar orang dan dalam sebulan, lebih dari 6 miliar jam video telah ditonton.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES