in: News | December 18, 2013 | by: Dian Syarifuddin

iPaymu Berbasis QR Code – Transaksi Online Jadi Makin Mudah

iPaymu_02

Kegiatan berbelanja online tampaknya sudah semakin digemari oleh beberapa kalangan. Hal tersebut disebabkan karena pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia terus mengalami peningkatan. Selain harga yang ditawarkan terbilang cukup kompeititf, beberapa website toko online juga menawarkan beragam fasilitas sistem pembayaran demi kemudahan bertransaksi. Mulai transfer via ATM, Rekber, hingga bayar ditempat (COD).

Dalam memanfaatkan perkembangan fenomena tersebut, PT Inti Prima Mandiri Utama selaku perusahaan lokal yang begerak dalam bidang pembayaran online, pada Selasa (17/12) secara resmi meluncurkan sebuah layanan terbaru iPaymu Mobile Payment berbasis QR (Quick Response) Code. Penggunaan QR Code pada iPaymu, diyakini sebagai salah satu fitur andalan yang dapat meningkatkan kepercayaan dan kecepatan transaksi online, serta menjadi penghubung mekanisme pedagangan offline dengan transaksi online.

Menurut Kukuh Tutuko selaku CEO dan juga Co-Founder PT Inti Prima Mandiri Utama menjelaskan, “Fenomena pertumbuhan berbelanja via online ini, disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya, meningkatnya jumlah pengguna smartphone, Internet, dan juga pemanfaatan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Bahkan menurut catatan kami, terdapat sekitar 20% transaksi jual-beli telah beralih ke Facebook”.

Kukuh juga menambahkan bahwa fenomena pertumbuhan smartphone, telah memberikan dampak yang cukup positif bagi para pelaku bisnis UKM di Indonesia. Mulai dari pedagang kaki lima, warteg, tukang bakso, dan beberapa lainnya, sudah bisa menikmati kecanggihan “ponsel cerdas” dari berbagai merek berbasis sistem operasi mobile Android dengan harga yang variatif dan sangat terjangkau.

Kukuh Tutuko (Kiri) dan Riyeke Ustadiyanto (Kanan)
Kukuh Tutuko (Kiri) dan Riyeke Ustadiyanto (Kanan)

“Hal tersebut lah yang mendorong kami untuk menghadirkan ide pembayaran secara online yang mudah, aman dan cepat”, sambung Riyeke Ustadiyanto, CTO iPaymu. Beliau juga menuturkan, aplikasi iPaymu Mobile Transcation dengan fitur mobile payment berbasis QR Code diharapkan semua orang yang sudah memiliki akun iPaymu bisa menikmati transaksi pembayaran, cek saldo dan perintah tarik tunai langsung dari ponsel dengan cepat, aman, dan nyaman.

Penggunaan QR Code Mobile Payment iPaymu, turut dijelaskan juga oleh Riyeke. Sistem pembayaran berbasis QR Code ini bisa diartikan sebagai alternatif mesin EDC (Eletronic Data Capture) yang dimiliki oleh perbankan. Sebagaimana diketahui EDC adalah perangkat pembayaran transaksi kartu debit dan karti kredit.

Sayangnya layanan tersebut tidak bisa dinikmati oleh semua orang. Mereka yang bisa menikmati mesin EDC tersebut harus memiliki badan usaha berupa UD, CV, maupun PT. Adapun mekanisme dan persyaratan untuk mendapatkan mesin EDC sangatlah ketat.

Permasalah tersebut menjadi pemikiran Riyeke, bagaimana caranya fasilitas dan layanan seperti EDC bisa dinikmati oleh semua orang. Dengan kehadiran layanan mobile payment iPaymu berbasis QR Code, berbagai transaksi yang dilakukan oleh pedagang kecil seperti tukang bakso atau tukang sayur, dapat menikmati transaksi cashless, transaksi tanpa uang tunai dengan mudah, tentunya dengan persyaratan antara penjual dan pembeli sama-sama memiliki akun iPaymu.

Sejauh ini, iPaymu telah menjalin kerjasama dengan 21.000 lebih jaringan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bersama, Link, Prima, dan Meps, sehingga bisa melakukan transaksi online dengan 137 bank nasional.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES