in: News - Processors | December 4, 2013 | by: Gatot Tri Yuwono

Masa Depan AMD FX dan APU Generasi Lima Terungkap

Sejumlah rencana AMD terhadap produk prosesor mereka akhirnya terungkap melalui sebuah slide presentasi yang bocor di dunia maya. Tidak disangka, slide presentasi tersebut memperlihatkan sejumlah kejutan yang tidak kami duga sebelumnya. Masa depan prosesor AMD FX dan A-Series APU akhirnya terungkap.

amd cpu roadmap
*klik untuk memperbesar

Terlebih dahulu mari kita mulai dari prosesor AMD FX. Dari slide presentasi di atas dapat terlihat arah pengembangan prosesor AMD. Tampaknya, untuk saat ini AMD belum memiliki rencana untuk menghadirkan prosesor FX generasi penerus Vishera hingga akhir tahun 2015. Tentu saja jika hal ini benar adanya maka varian prosesor AMD FX berikutnya masih berbasiskan arsitektur Vishera dengan platfom motherboard AM3+ dengan chipset seri 9. Semoga saja AMD telah mempersiapkan kejutan untuk prosesor AMD FX generasi berikutnya.

Fokus pengembangan prosesor AMD tampaknya akan berfokus kepada APU (Accelerated Processing Units) dalam beberapa tahun kedepan. Setidaknya itulah hal yang terlihat dari slide presentasi di atas. Bahkan di tahun 2015 AMD telah menyiapkan prosesor APU generasi lima dengan codename Carrizo. Prosesor AMD APU Carrizo berbasiskan arsitektur CPU terbaru Excavator dan arsitektur GPU yang kami duga masih berorientasi di GCN (Graphics Core Next). Prosesor AMD APU Carrizo masih mewarisi sejumlah feature unggulan milik Kaveri tidak terkecuali penggunaan motherboard dengan soket FM2+. Satu hal menarik varian tertinggi prosesor AMD APU Carrizo memiliki nilai TDP tertinggi sebesar 65 Watt. Berbeda dengan Kaveri dengan nilai TDP tertinggi sebesar 95 Watt atau Trinity dan Richland dengan TDP 100 Watt. Kemungkinan AMD akan menggunakan proses fabrikasi terbaru untuk APU Carrizo.

Sumber

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES