in: News | December 10, 2013 | by: Cerira

NAVIGATE, Jaket Unik Penunjuk Arah

navigatejacket-2

Kini penunjuk arah tak hanya bisa ditemui dalam bentuk GPS di mobil, GPS di smartphone dan tablet atau kompas digital untuk berpetualang. Kini GPS bisa ditemui dalam bentuk pakaian yang modis, siap dikenakan sebagai pelindung tubuh, sekaligus bisa digunakan sebagai penunjuk arah agar tidak tersesat.

Jaket bernama NAVIGATE ini memang bukan produk pakaian pertama yang dibenami dengan GPS. Namun NAVIGATE memiliki keunggulan dibanding produk-produk pakaian ber-GPS yang sudah ada sebelumnya karena jaket ini juga dilengkapi dengan lampu LED dan feedback haptik, serta kemampuan navigasi yang lebih handal dan mirip dengan piranti GPS itu sendiri.

navigatejacket-4

Jaket ini didesain oleh perusahaan asal Australia, Wearable Experiments (We: eX) yang memang khusus menciptakan perlengkapan teknologi yang bisa dikenakan. Jaket ini memadukan hardware, software dan desain pakaian sehingga memberikan tampilan yang trendi dan nyaman dikenakan. Ide dari jaket ini sendiri adalah menggunakan teknologi wearable untuk membuat navigasi menjadi lebih intuitif dimana pengguna jaket tidak lagi harus melihat ke display LCD terus menerus atau juga membuka-buka peta untuk mencari arah atau alamat suatu tempat.

NAVIGATE didesain untuk dikenakan saat berjalan kaki atau mengendarai sepeda atau sepeda motor saat berkeliling kota. Tentu saja, sebagai bantuan, jaket ini juga membutuhkan kerjasama dengan aplikasi di smartphone sebagai otaknya. Jaket ini akan mengubah data navigasi turn-by-turn dari aplikasi di smartphone menjadi sebuah sejumlah isyarat visual dan haptik yang sederhana. Lampu LED di jaket diletakkan di lengan sehingga memungkinkan pengguna mengetahui langkahnya apakah sudah abenar dan seberapa jauh lagi hingga belokan berikutnya. Dengan getaran yang cukup bisa dirasakan penggunanya, akan memberi tahu saat dia harus berbelok.

navigatejacket

Untuk sementara We:eX baru membuat prototipe dari NAVIGATE dan belum mengumumkan kapan akan memproduksinya secara masal. Belum disebutkan juga perkiraan harga yang akan dibanderolkan untuk jaket penunjuk arah ini. Namun tak lama lagi perusahaan tersebut berencana akan meluncurkan kampanye di kota-kota tertentu di Eropa untuk NAVIGATE.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES