in: Direct Release | December 10, 2013 | by: Dian Syarifuddin

[PR] Superkomputer TSUBAME-KFC dari Institut Teknologi Tokyo GSIC Peringkat #1 Green500 Dengan Supermicro® 1U 4x GPU SuperServer®

TSUBAME-KFC Memecahkan Batas 4 GFLOPS/Watt sebagai Superkomputer Dengan Energi Paling Efisien di Dunia

Jakarta, 10 Desember 2013 – Super Micro Computer, Inc (NASDAQ: SMCI), pemimpin global teknologi strorage  dan komputasi ramah lingkungan dengan kinerja-tinggi, server dengan efisiensi-tinggi, menghantarkan solusi server HPC dengan energi yang efisien, spektrum high density yang terluas di industri, bagi superkomputer paling efisien-energi di dunia. Solusinya mulai dari dari high density compute 1U 4x GPU dan SuperServer 4U 2-node 12x GPU FatTwin™ (SYS- F647G2- FT+) hingga inovasi arsitektur 4U baru dengan aliran udara mengoptimalkan zona pendinginan independen CPU/GPU yang mendukung slot ganda 150W CPU, 8x 300W GPU, slot 24x DIMM dan onboard dual 10GbE (SYS-4027GR-TRT). Solusi superkomputer efisien-energi Supermicro juga tersedia dalam konfigurasi bervariasi yang cocok untuk berbagai daya/kinerja aplikasi di 1U, 2U, 3U, 4U/Tower, SuperBlade® dan platform 6U MicroBlade.

press131203_Green500_1st

“Supermicro bangga dapat menyumbangkan desain server efisien-energi dan keahlian teknologi kami untuk proyek superkomputer ramah lingkungan di seluruh dunia,” kata Charles Liang, President dan CEO Supermicro. ” Peringkat #1 di Green500 untuk TSUBAME -KFC  menyoroti efektivitas SuperServer 1U empat GPU kami untuk memaksimalkan kepadatan komputasi dan kinerja per watt, per meter persegi. Upaya kerja sama dalam industri superkomputer akan memiliki pengaruh abadi untuk generasi mendatang. Pengakuan oleh Green500 memberi kami insentif untuk lebih berinovasi dengan solusi superkomputer efisien-energi yang lebih tinggi untuk menurunkan TCO pelanggan kami dan melindungi bumi kita.”

Supermicro mendapat peringkat #1 pada Green500 daftar superkomputer paling efisien-energi bersama NEC Jepang, NVIDIA, Institut Teknologi Tokyo (TITECH) GSIC, dan Green Revolution Cooling. TSUBAME-KFC yang dikembangkan oleh Profesor Satoshi Matsuoka dan TITECH adalah superkomputer sangat-ramah lingkungan menggunakan teknologi server efisien-energi dengan kinerja-tinggi terbaru yang dirancang untuk mencapai pemecahan rekor dunia untuk kinerja/efisiensi daya sebesar 4.5 GFLOPS per watt.

Konfigurasi SuperServer® Supermicro 1U GPU (SYS-1027GR-TQF)

  • 2x Intel® Xeon® Processor E5 -2620 v2
  • 4x NVIDIA® Tesla® K20X GPU Accelerators
  • 64GB DDR3 -1600 SDRAM
  • 120GB SSD
  • FDR (56Gbps) InfiniBand

“Dengan pelestarian energi yang menjadi perhatian global dan khususnya bagi bangsa Jepang, tujuan utama kami saat merancang solusi komputasi berkinerja tinggi adalah untuk meminimalkan konsumsi daya tanpa mengorbankan kinerja,” kata Kazuaki Iwamoto, General Manager, Divisi IT Platform, NEC.” TSUBAME-KFC menyatukan teknologi terdepan untuk mencapai tujuan tersebut dengan akselerator GPU berkinerja tinggi dari NVIDIA, platform server efisien-energi, kepadatan-tinggi dari Supermicro dan solusi rak hemat energi ramah lingkungan dan pendinginan yang paling inovatif dari Green Revolution Cooling. Dengan peringkat #1 dari Green500 kami membuktikan bahwa superkomputer lebih dari sekedar menghantarkan kinerja saja, tapi juga seni memaksimalkan ruang dan pemanfaatan listrik.”

“Kami merasa terhormat untuk menerima peringkat #1 untuk superkomputer paling efisien-energi di Green500 dan bersemangat untuk hasil masa depan yang dapat dicapai dengan TSUBAME-KFC,” kata Satoshi Matsuoka, Profesor dan Principle Investigator di Institut Teknologi Tokyo. “Keberhasilan proyek ini adalah berkat kerja sama,  keinginan kuat antara NEC, NVIDIA, Supermicro dan Green Revolution Computing. Bersama-sama, kami menampilkan kemungkinan masa depan superkomputer ramah lingkungan sebagaimana kita menuju ke depan ke generasi berikutnya Big Data dan proyek Exascale Nasional.”

“TSUBAME-KFC menyoroti kemampuan sebenarnya dari solusi perendaman-cairan CarnotJet™ kami untuk secara dramatis mengurangi konsumsi energi pendingin di instalasi HPC,” kata Christiaan Best, CEO dan Pendiri Green Revolution Cooling. “Peringkat #1 di Green500, di perusahaan dengan instalasi superkomputer terbaik dunia, merupakan bukti tingkat kinerja, keahlian dan presisi dibawa bersama oleh NEC dan semua mitra kami dalam proyek ini. Kami telah memiliki hubungan kerja sama dengan Supermicro untuk waktu yang lama, dan berharap untuk menghantarkan solusi superkomputer yang lebih efisien dengan teknologi server berikutnya yang inovatif dari mereka dalam waktu dekat.”

“Edisi ke-14 dari Daftar Green500 menandai sejumlah ‘pengalaman pertama’, yang semuanya melibatkan TSUBAME-KFC,” kata Wu Feng dari Green500. ” Pertama dan yang terpenting, TSUBAME-KFC adalah superkomputer pertama yang telah menembus batas 4 gigaflops/watt. Kedua, TSUBAME-KFC memimpin peran sistem komputasi heterogen yang menduduki semua dari 10 tempat teratas di Green500. Ketiga, dibandingkan dengan daftar edisi sebelumnya, rata-rata daya dikonsumsi yang diukur oleh sistem di Green500 benar-benar turun untuk pertama kalinya dalam sejarah daftar Green500, sehingga memperbaiki keramahanlingkungan Green500 lebih jauh. Sistem heterogen seperti TSUBAME-KFC berkontribusi untuk meningkatkan keramahanlingkungan ini.”

Informasi Supermicro TSUBAME-KFC – http://www.supermicro.com/products/nfo/Green500.cfm
Supermicro GPU-optimized Supercomputing Solutions – http://www.supermicro.com/GPU
Peringkat TSUBAME-KFC #1 Green500 – http://www.green500.org/lists/green201311

Ikuti Supermicro di Facebook dan Twitter untuk menerima berita dan pengumuman terbaru mereka.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES