Review Lenovo K900: Smartphone Intel yang Kencang dan Murah

Reading time:
December 7, 2013

Saat ini, smartphone Android merupakan perangkat komunikasi yang paling dicari oleh semua orang. Oleh karena itu, semua produsen smartphone berlomba-lomba untuk mengeluarkan smartphone unggulannya. Tidak hanya mereka saja, para produsen chip seperti Qualcomm, MediaTek, dan Intel pun juga mengeluarkan system on chip unggulan mereka.

Jika kita berbicara mengenai Intel, tentu saja yang terbesit di pikiran kita adalah prosesor. Hal tersebut dikarenakan memang produk Intel yang paling dikenal oleh masyarakat luas adalah prosesor-nya (disamping SSD, NUC, motherboard, dan lain sebagainya). Saat ini, Intel telah mengeluarkan platform mobile unggulan mereka yang dinamakan Intel CloverTrail+. Platform CloverTrail+ yang ada saat ini ditujukan khusus untuk perangkat Android oleh Intel.

CloverTrail+

Seperti yang sebelumnya disebutkan, CloverTrail+ memang khusus untuk digunakan pada perangkat Android. Pada platform yang satu ini, Intel menggunakan prosesor Atom dual core yang memiliki feature Hyperthreading. Oleh karena itu, sistem operasi Android akan menganggap adanya empat buah core (empat thread). Proses pabrikasi prosesor Atom ini sendiri masih menggunakan 32 nm dan menggunakan instruksi in-order.

Atom Roadmap

Atom yang digunakan pada CloverTrail+ ini pun masih menggunakan arsitektur yang sama dengan Atom yang beredar pertama kali sekitar enam tahun yang lalu. Oleh karenanya, kinerja per core bawaan oleh Intel Medfield ini pun juga mirip dengan Intel Atom lima tahun yang lalu. Lalu bagaimana dengan kinerjanya melawan ARM yang saat ini sudah menggunakan instruksi Out-of-Order?

Intel CloverTrail+ memiliki tiga buah SKU, yaitu Z2580, Z2560, dan Z2520. Perbedaan dari ketiganya adalah kecepatan yang dibawanya. Anda pun dapat melihatnya pada gambar di bawah ini. Lalu apa perbedaannya dengan CloverTrail (non plus)? Intel mengatakan bahwa Intel CloverTrail memang khusus dibuat untuk digunakan dengan sistem operasi Windows 8. Selain itu, CloverTrail+ juga menggunakan graphics yang lebih kencang dari non plus. Terakhir, pada CloverTrail menggunakan RAM 1 GB LPDDR2-800 dan CT+ menggunakan LPDDR2-1066 berkapasitas 2 GB.

CloverTrail+ SKU

Tentu saja, Atom CloverTrail+ diproduksi oleh Intel untuk menjawab tantangan yang datang dari ARM. Saat ini, ARM telah mengeluarkan Cortex A15 dan Qualcomm pun telah mengeluarkan Snapdragon Krait 400. Kedua prosesor ini telah menggunakan instruksi Out-of-Order dan arsitektur yang lebih baru dari Atom CloverTrail+. Dan memang, perangkat yang menggunakan kedua prosesor tersebut sudah bisa dengan mudah ditemukan di pasar Indonesia. Lalu bagaimana dengan perangkat yang menggunakan CloverTrail+?

K900

Lenovo K900

Lenovo memperkenalkan sebuah smartphone yang pertama kali menggunakan Intel Clover Trail+. Dengan seri tertinggi, mereka menamakan smartphone ini Lenovo K900. Lenovo K900 didesain dengan menggunakan badan unibody dengan metal. Selain membuatnya menjadi lebih elegan, badan metal ini sepertinya juga ditujukan untuk menjadi sebuah heat spreader. Panas dari prosesor dan graphics saat digunakan untuk bermain game akan tersebar pada badan bagian belakangnya. Dan panas tersebut akan lebih cepat hilang saat sudah terlepas.

Lenovo K900 - Belakang

Selain desain yang elegan, Lenovo pun juga memasangkan kamera belakang yang ternyata menghasilkan gambar yang sangat baik. Hal tersebut akan kami buktikan pada bagian kamera. Sensor yang digunakan oleh Lenovo merupakan buatan Sony dengan Exmor RS dan lensa dengan aperture f1/1.8. Resolusi dari kamera belakangnya juga cukup besar untuk dimiliki oleh smartphone kelas atas sekarang ini, yaitu dengan 13 megapiksel.

Lenovo K900 - CPUZ

Lenovo K900 menggunakan SoC Intel CloverTrail+ dengan prosesor dual core Intel Atom Z2580 berkecepatan 2 GHz dan dengan GPU PowerVR SGX544 Dual Core. Memori internalnya adalah 16 GB yang terbagi antara internal storage dan USB storage. Sayangnya, model yang beredar saat ini tidak memiliki slot microSD. Walaupun begitu, smartphone yang satu ini telah mendukung USB on-the-go. Lalu dengan layar 5,5 inci ini, resolusi yang dimiliki oleh Lenovo K900 adalah 1920 x 1080. Sistem operasinya telah menggunakan Android Jelly Bean 4.2.1.

Paket Penjualan

Beginilah kemasan paket penjualan dari Lenovo K900.

Lenovo K900 - Kemasan Penuh Lenovo K900 - Kemasan Dalam Lenovo K900 - Kemasan Belakang

Di dalam paket penjualan tersebut terdapat perlengkapan seperti berikut ini

Lenovo K900 - Kabel USB
Kabel USB
Lenovo K900 - Charger
Charger
Lenovo K900 - Earphone dan Earbud
Earphone dan Earbud
microSIM Pin
microSIM Pin
Lenovo K900 - Dokumentasi
Dokumentasi

 

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…