in: Notebook / Laptop | December 10, 2013 | by: Bimanto

Review Lenovo Thinkpad Edge E431: Notebook Klasik dengan Keamanan Tinggi

SONY DSC

 

Notebook klasik yang saat ini banyak beredar masih memiliki daya tarik tersendiri. Walaupun mempunyai dimensi dan berat yang lebih dari kelas ultrabook, tetapi notebook klasik mempunyai kelengkapan yang lebih dibandingkan notebook yang masuk dalam kategori ultrabook. Pada notebook klasik, Anda akan menemukan berbagai port yang lengkap dan optical drive yang masih dianggap kebanyakan orang sesuatu yang harus ada walaupun jarang sekali di gunakan. Beberapa orang lebih menyukai optical drive yang menyatu dari pada terpisah atau external.

Lenovo Thinkpad Edge E431 yang datang ke meja pengujian kami mengususng casing khas Thinkpad dengan warna hitam matte dengan trackpoint berwarna merah di tengah keyboard. Untuk dimensi dan berat tidak terlalu jauh beda dengan notebook berukuran layar 14″ sehingga sedikit kurang nyaman untuk mobile di karenakan beratnya yang mencapai 2kg. Walaupun masuk dalam kategori Edge yang di tujukan untuk kalangan SMB (Small Medium Business), casing notebook ini masih terasa solid dan membuatnya terasa kokoh ketika di genggam.

SONY DSC

Anda bisa melihat spesifikasi yang diusung oleh notebook Lenovo Thinkpad Edge E431 pada tabel di bawah ini.

Spesifikasi
Processor Intel core i5 3230M
Speed 2.6GHz Turbo Core  3.2GHz
Memori DDR3 4GB
Storage Hard disk 1TB
Graphics Intel HD4000 IGP
Layar 14″ 1366×768
Interkoneksi wifi 802.11bgn
USB2.0 1
USB 3.0 2
Audio in/out 1
Card Reader 1
HDMI 1
Ethernet 1
D-sub 1
Optical Drive DVDRW
Operation System Windows 8
Dimensi (mm) 377x250x25
Berat (Kg) 2.131
Baterai 48Wh

Walaupun di peruntukkan untuk kalangan SMB, tetapi Lenovo Thinkpad Edge E431 dibekali dengan prosesor yang cukup bertenaga, Intel core i5 3230 mobile yang mempunyai kecepatan 2.6GHz yang kecepatannya dapat meningkat ke 3.2GHz berkat fitur Turbo Boost. Peningkatan kecepatan ini akan terjadi secara otomatis bila mana Anda menjalankan aplikasi yang menuntut kinerja tinggi. Untuk menunjang kinerja prosesor, Lenovo memasang memory sebesar 4GB yang dapat Anda upgrade hingga mencapai kapasitas 16GB jika Anda memerlukan memory yang besar. Untuk storage, Anda akan menemukan hard disk dengan kapasitas 1TB yang mempunyai putaran 5400RPM. Kapasitas storage yang diberikan memang cukup besar sehingga Anda dapat dengan leluasa menyimpan berbagai data dan file Anda di notebook ini.

Urusan graphics, tidak lah terlalu istimewa karena Anda hanya akan menemukan graphics IGP Intel HD 4000 on prosesor. Bila Anda kurang puas dengan graphics IGP ini, Anda dapat mencari notebook seri ini yang mempunyai graphics NVIDIA di pasaran, pastinya akan mempunyai harga yang lebih tinggi dibandingkan notebook seri ini. Walaupun hanya berbekal graphics IGP tetapi Intel HD 4000 cukup dapat diandalkan untuk bermain game 3D pada resolusi dan settingan tertentu.

SONY DSC

Ukuran layar yang digunakan juga cukup nyaman digunakan karena menggunakan ukuran sebesar 14″ dengan resolusi 1366×768. Lenovo Thinkpad Edge E431 menggunakan layar matte yang cukup nyaman digunakan di luar ruangan karena tidak akan memantulkan bayangan disekitarnya. Viewing angle-nya juga tergolong baik karena layar tidak mengalami perubahan gradasi warna yang berlebihan jika dilihat dari sisi kiri dan kanan. Layar akan mengalami perubahan gradasi warna bila Anda melihatnya dari sisi atas.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES