in: Graphics Card | December 9, 2013 | by: Gatot Tri Yuwono

Review MSI GeForce GTX 760 HAWK: NVIDIA 700 Series Murah Rasa Mirip “Lightning”

Graphics Card

msi gtx 760 hawk card 01

Walaupun berbasiskan varian paling rendah sekaligus paling murah dari lini GeForce GTX 700 Series, MSI tetap mempertahankan standar tertinggi mereka untuk menghadirkan graphics card seri Overclocking berbasiskan GeForce GTX 760 kali ini. MSI GTX 760 HAWK tidak hanya mengusung sistem pendingin Twin Frozr IV tetapi juga dilengkapi PCB non-reference yang ditanamkan komponen Military Class IV. Komponen Military Class IV mencakup penggunaan komponen New Super Ferrite Choke, Hi-CAP (Highly-Conductive Capacitor), dan Dark Solid CAP untuk menjamin durabilitas graphics card lebih baik bahkan pada kondisi ekstrim.

msi gtx 760 hawk fans

Twin Frozr IV dilengkapi dua buah kipas dengan diameter setiap kipas sebesar 100 mm. Dua kipas tersebut telah mengadosi teknologi Propeller Blade dimana setiap bilah kipas memiliki bentuk unik untuk menghasilkan tingkat airflow 20% lebih tinggi dibandingkan kipas konvensional. MSI juga menanamkan teknologi Dust Removal dimana teknologi ini akan membuat kipas berputar berlawanan arah selama 30 detik pada saat sistem dihidupkan pertama kali untuk membuang debu pada graphics card.

msi gtx 760 hawk heatpipes

msi gtx 760 hawk superpipe & metal plate

Twin Frozr IV pada MSI GTX 760 HAWK memiliki lima buah heatpipe tembaga berlapis nikel. Dari kelima heatpipe tersebut, satu di antaranya merupakan heatpipe dengan diameter 8 mm bernama Superpipe. Sementara itu empat lainnya memiliki diameter sebesar 6 mm. Selain heatpipe, Twin Frozr IV juga menggunakan bahan tembaga berlapis nikel pada komponen baseplate. Sementara itu, MSI juga melengkapi PCB atas dan bawah dengan lempengan logam untuk membantu mendinginkan sejumlah komponen VRM, chip memori, dan lainnya.

Untuk menguji performa sistem pendingin Twin Frozr IV milik MSI GTX 760 HAWK, kami menjalankan aplikasi Unigine Heaven dan mendapatkan hasil sebagai berikut:

GeForce GTX 760

  • Full-load : 81 °C (fan speed: Auto @64%)
  • Idle : 32 °C (fan speed: Auto @27%)

MSI GTX 760 HAWK

  • Full-load : 68 °C (fan speed: Auto @46%)
  • Idle : 30 °C (fan speed: Auto @33%)

Twin Frozr IV mampu menghasilkan performa memuaskan dimana hal tersebut terlihat dari temperatur kerja MSI GTX 760 HAWK berada di bawah GeForce GTX 760 reference meskipun menggunakan spesifikasi clock lebih tinggi.

msi gtx 760 hawk vcheck points

MSI menempatkan port V-Check Points di sisi ekor graphics card. V-Check Points memungkinkan pengguna melakukan pengukuran voltase komponen GPU, memory, dan PLL dengan menggunakan multimeter.

msi gtx 760 hawk power connectors

Jika GeForce GTX 760 reference menggunakan konektor daya PCIe 2x 6-pin, maka MSI melangkah lebih jauh dengan memberikan 2x 8-pin untuk menjamin cukupnya asupan daya saat melakukan overclocking ekstrim. Konfigurasi seperti itu memungkinkan graphics card mendapatkan asupan daya hingga sebesar 375 Watt.

msi gtx 760 hawk sli fingers

Satu graphics card belum cukup? Dua konektor SLI siap mengakomodir pengguna yang membutuhkan performa gaming lebih dengan menggunakan hingga tiga buah graphics card serupa. Tepat di sebelah kanan konektor SLI terdapat switch Dual BIOS untuk memilih di antara BIOS standar atau BIOS LN2. Penggunaan BIOS LN2 akan mematikan OCP (Over Current Protection) dan APS (Active Phase Switching) sehingga overclocker dapat meningkatkan clock speed graphics card lebih tinggi lagi.

msi gtx 760 hawk display connectors

MSI GTX 760 HAWK menyediakan konektor display sebagai berikut:

  • 1x Dual-link DVI-I
  • 1x Dual-link DVI-D
  • 1x DisplayPort
  • 1x HDMI

Graphics card ini siap menjalankan konfigurasi multi-monitor NVIDIA 3DVision Surround dengan menggunakan hingga 4 buah monitor.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES