in: News | December 1, 2013 | by: Ozal

SK Telekom Demonstrasikan Kecepatan LTE-A 225Mbps

SK Telekom

Pada Juni lalu, salah satu operator terkemuka di Korea Selatan, SK Telekom kembali membuat gebrakan dunia telekomunikasi dengan menguji coba layanan generasi selajutnya dari LTE 4G, yakni LTE-Advance yang mampu menawarkan kecepatan data mencapai 150Mbps. Kini, operator tersebut memperbarui teknologi LTE-A dengan kecepatan data mencapai 225Mbps.

Guna menawarkan kecepatan tersebut, SK Telekom menggabungkan frekuensi bandwidth sebesar 20MHz di band 1.8GHz dan bandwidth 10MHz di band 800MHz. Ini artinya, ada peningkatan jumlah frekuensi pada jaringan LTE-A SK Telekom sebelumnya, yakni 10MHZ di band 1.8GHz dan 10MHz di 800MHz.

Selain itu, pada 30 Agustus lalu, SK Telekom juga telah memperoleh penguasaan bandwidth tambahan dari pemerintah Korsel sebesar 35MHz di band 1.8GHz guna memperkuat layanan jaringan di LTE dan LTE-A. Rencananya, semua pembaruan layanan LTE-A dapat dikomersialisasikan pada semester kedua 2014 dan chipset smartphone yang mampu mendukung kecepatan 225Mbps.

Alex Jinsung Choi, Executive Vice President SK Telekom mengatakan, kini pihaknya telah bergerak maju satu langkah lebih dekat dalam mewujudkan teknologi selanjutnya di jaringan LTE-A. Bahkan, SK Telekom berencana untuk menghadirkan kecepatan lebih tinggi lagi yakni, 300Mbps dengan menggabungkan tiga bandwidth sekaligus, 20MHz, 10MHz, dan 10MHz.

“SK Telekom telah memimpin pengembangan jaringan nirkabel. Sebelumnya pada 1996, SK Telekom mengkomersialisasikan teknologi CDMA dan 2G untuk pertama kalinya di dunia. Hari ini, kami berhasil mendemonstrasikan LTE-A berkecepatan 225MBps sebagai momentum mewujudkan teknologi jaringan yang lebih inovatif,” ujar Choi, dilansir dari Cellular News.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES