in: News | December 29, 2013 | by: Ozal

Xiaomi Berhasil Meraup Jutaan Dolar Dalam Sebulan

Vendor smartphone asal Cina yang kini tengah naik daun, Xiaomi, sedang merayakan dua prestasi terbesarnya menjelang akhir tahun 2013 ini. Pertama, mengenai perolehan pendapatan bulanannya dari aplikasi dan kedua ialah jumlah pengguna MIUI, sebuah custom ROM buatan Xiaomi yang kini mulai banyak dipakai pengguna smartphone Android berbagai merek.

Xiaomi

Dalam sebuah postingan di blog resminya, perusahaan yang berbasis di Beijing tersebut mengumumkan, perangkat lunak berbasis Android MIUI telah memiliki lebih dari 30 juta pengguna. Sebagian besar penggunanya berasal dari Cina. Ini artinya, satu dari 48 orang di Cina telah menginstal MIUI ke dalam perangkat Android mereka, bila berasumsi bahwa Cina memiliki populasi sebanyak 1,4 miliar orang.

Lalu hal kedua yang menjadi fokus penting Xiaomi saat ini ialah, dalam sebulan pihaknya berhasil memperoleh pendapatan dari aplikasi, game, dan custom themes yang diinstal ke dalam platform MIUI mencapai US$ 4,4 juta atau hampir setara dengan Rp 60 miliar. Pendapatan tersebut bisa berasal dari iklan maupun aplikasi yang memang berbayar.

Kedua hal yang berkorelasi tersebut berkat kepopuleran merek dagang Xiaomi yang begitu cepat. Hal ini yang kemudian membuat berbagai produk besutan Xiaomi mampu menarik perhatian, bukan hanya masyarakat Cina namun juga di hampir seluruh dunia. Terlebih sepanjang tahun ini, Xiaomi telah menargetkan penjualan smartphone-nya mencapai 20 juta unit dan pendapatan lebih dari US$ 5 miliar.

Saat inipun, selain di bisnis handset dan produk elektroniknya lainnya, ekosisten Xiaomi di Cina ialah fokus di pasar perangkat lunak. Hal tersebut mulai dari themes store, apps store, books store digital, layanan penyimpanan berbasis cloud, aplikasi pesan instan, hingga aplikasi browser.

“Tahun depan, perusahaan akan meningkatkan integrasi antara perangkat pintar dengan layanan kehidupan nyata,” ujar Hong Feng, seorang juru bicara Xiaomi dalam sebuah pernyataan tertulisnya, seperti dilansir dari Tech in Asia.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES