in: News | January 13, 2014 | by: Yufianto Gunawan

Corning Pamerkan Kabel Thunderbolt 2 Sepanjang 61 Meter

Standar Thunderbolt 2 mendukung transfer data melalui kabel yang lebih panjang dengan kecepatan transfer data yang tetap tinggi. Hal itu dimanfaatkan oleh beberapa produsen aksesoris untuk memperkenalkan produk kabel mereka yang sesuai dengan standar Thunderbolt 2 yang dapat digunakan untuk transfer data kecepatan tinggi. Salah satunya adalah Corning, perusahaan yang selama ini dikenal melalui produk Gorilla Glass mereka tersebut pada CES 2014 lalu mendemokan kabel optikal dengan standar sesuai dengan Thunderbolt 2 sepanjang 61 meter yang dapat digunakan untuk transfer data dengan kecepatan hingga 20 Gbps.

Thunderbolt

Produk dari Corning tersebut menambah panjang daftar kabel panjang yang tersedia untuk standar Thunderbolt 2. Sebelumnya, produsen aksesoris lain, Other World Computing, juga mulai menjual kabel optikal untuk Thunderbolt 2 sepanjang 30 meter yang dapat digunakan untuk menjembatani transfer data film 4K UHD dari perangkat Mac ke layar 4K. Perusahaan tersebut juga menawarkan kabel Thunderbolt 2 dengan ukuran lebih pendek, yaitu 10 meter dan 20 meter.

Sayangnya, makin panjang ukuran kabel, harga yang dibayarkan oleh pengguna untuk mendapatkan kabel tersebut juga semakin tinggi. Kabel optikal Thunderbolt 2 30 meter dari OWC dikabarkan dijual seharga US$ 899. Sedangkan solusi yang lebih pendek, 10 meter dijual di harga US$ 319 dan untuk 20 meter di harga US$ 619. Sedangkan untuk kabel 61 meter dari Corning, mereka masih belum memberikan informasi terkait harga dari produk tersebut.

Kabel optikal untuk Thunderbolt 2 memang menawarkan jangkauan yang lebih jauh dengan kecepatan transfer data yang lebih tinggi. Sayangnya, harga untuk kabel optikal memang masih mahal. Solusi lain untuk kabel Thunderbolt 2 adalah dengan kabel berbasis tembaga. Namun, jangkauan kabel berbasis tembaga tentunya lebih pendek dari kabel optikal.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES