in: News | January 19, 2014 | by: Ozal

Corning Resmi Ambil Alih Usaha Patungannya dari Samsung

corning-gorilla-glass

Produsen kaca yang terkenal dengan produk Gorilla Glass-nya, Corning Inc, akhirnya resmi menguasai saham mayoritas di Samsung Corning Precision Materials Co (SCPM), yang merupakan sebuah perusahaan patungan yang didirikan bersama Samsung Electronics.

Corning telah menyelesaikan pembayaran di SCPM senilai US$ 1,9 miliar kepada Samsung. Jumlah tersebut setara dengan 43 saham Samsung di SCPM. Kini, Samsung hanya memiliki saham di SCPM sebesar 7 persen saja. Meski begitu, Samsung mengatakan tak berencana untuk ambil bagian di dalam manajemen SCPM.

Kami sangat bersemangat untuk bergerak maju dengan adanya kesempatan yang sangat menarik ini guna memperluas kepemimpinan Corning di produk khusus kaca dan mengemudikan pertumbuhan pendapatan,” ujar Wendell P. Weeks, CEO Corning, dilansir dari Korea Times.

Dengan begitu, Samsung bukan lagi menjadi bagian dari perusahaan patungan tersebut, sehingga SCPM secara otomatis resmi menjadi milik Corning secara keseluruhan. Namanya pun akan segera berganti menjadi Corning Precision Materials Korea dalam waktu dekat. Lalu, secara bertahap akan diintegrasikan ke unit usaha inti Corning, yakni Corning Display Technologies.

Sebagai gantinya, Samsung mendapat kesempatan untuk membeli saham baru di Corning Inc (bukan di SCPM) senilai US$ 1,9 miliar. Selain itu, Samsung juga akan mengeluarkan dana tambahan sebesar US$ 400 juta untuk investasi di Corning pada kuartal pertama tahun ini.

SCPM sendiri merupakan usaha patungan antara Samsung dan Corning yang khusus memproduksi kaca LCD, keramik, dan material lainnya di Korea Selatan yang didirikan pada 1995 silam. “Kami akan membangun masa depan yang cerah melalui kombinasi yang luar biasa berkat pengembangan teknologi, layanan pelanggan, dan keunggulan manufaktur,” ungkap Weeks.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES