in: News | January 28, 2014 | by: Ozal

Di Filipina, Drone Bisa Membantu Meliput Peristiwa

drone 2

Sejak setahun terakhir ini, drone atau kendaraan robot tanpa awak bukan lagi dikhususkan untuk kepentingan militer saja. Beberapa startup di Asia telah menciptakan drone yang dapat mengambil foto udara hingga mengambil sesuatu dari tempat yang sulit dijangkau manusia. Bahkan, di Filipina, Drone tidak lama lagi bakal digunakan untuk meliput suatu peristiwa, khusunya di daerah rawan bencana.

UNTV, salah perusahaan stasiun TV terkemuka di Filipina berencana, menggunakan drone guna membantu peliputan berita. Belum lama ini, sewaktu beberapa wilayah Filipina dihantam topan Haiyan, drone telah digunakan stasiun TV tersebut guna merekam video peristiwa tersebut.

Seperti dilansir dari Tech in Asia, CEO UNTV Daniel Razon mengklaim, pihaknya menjadi stasiun TV pertama yang menggunakan drone dalam meliput berita di Filipina. Selain itu, peran drone sendiri bagi perusahaanya bukan hanya sebagai peliput peristiwa saja, namun memiliki tujuan yang lebih besar, yakni operasi penyelamatan.

Drone

Seperti halnya Indonesia, Filipina seringkali dilanda bencana alam, terutama banjir. Menurut Razon, drone juga dapat digunakan untuk membawa pelampung dan air minum ke daerah-daerah yang terkena dampak banjir. Yang cukup canggih ialah, pihaknya berharap dapat melihat drone mampu melintasi air sehingga dapat membantu operasi penyelamatan korban bencana banjir.

Penggunaaan drone peliput berita ini cukup masuk akal dan lebih hemat biaya bagi stasiun TV. Sebab, mereka tidak lagi mesti menyewa helikopter atau memaksa juru kamera atau wartawannya untuk mengambil video di tempat yang lebih tinggi. Rating stasiun TV pun bakal naik. Mungkin yang bakal jadi kekhawatiran di masa depan, pekerjaan peliput berita bakal diambilalih oleh drone.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES