in: News | January 27, 2014 | by: Patrick

Google dan Samsung Sepakat Lisensi Paten

Samsung-Galaxy-Logo-w630

Google dan Samsung pada hari Minggu kemarin mengumumkan kesepakatan lisensi bersama yang akan mencakup paten-paten mereka yang sudah ada dan juga paten yang akan dikembangkan dalam jangka waktu 10 tahun mendatang.

Namun, kedua perusahaan teknologi ini tidak memberikan detail mengenai kesepakatan ini ataupun paten dan teknologi apa yang dicakup dalam kesepakatan ini, mereka hanya menyebutkan bahwa kerjasama ini “saling menguntungkan”. Namun mereka agak menyindir Apple dengan menyebutkan bahwa sebenarnya dua perusahaan besar pun bisa bekerja sama untuk menghindari perkara di pengadilan.

“Samsung dan Google sedang menunjukan kepada industri bahwa ada hal-hal yang dapat dicapai dengan bekerja sama daripada berperkara dalam masalah paten,” ujar Seungho Ahn, kepala Pusat Properti Intelektual Samsung, dalam sebuah rilisan pers.

Allen Lo, kepala deputi konsultasi paten di Google juga mengiyakan komentar Ahn, ia menambahkan bahwa “dengan bekerja bersama dengan kesepakatan seperti ini, perusahaan dapat mengurangi potensi masalah hukum dan fokus pada inovasi.”

Google dan Samsung selama beberapa tahun belakangan memang telah menjadi mitra kerja yang dekat. Sukses perangkat smartphone Samsung di pasaran dipicu juga oleh penggunaan sistem operasi Android milik Google. Memang beberapa kali mereka terlibat masalah, namun keduanya tampaknya menjaga kemitraan saat momentum naiknya pasar mobile ini. Terkait dengan kerjasama paten di antara kedua perusahaan ini ada kemungkinan besar bahwa hal ini terkait dengan teknologi mobile.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES