in: News | January 21, 2014 | by: Cerira

Google Kerjakan Proyek Lensa Kontak Cerdas untuk Penderita Diabetes

smart-contact-lens

Satu lagi produk baru yang dibesut rakasa mesin pencari ini dengan divisi Google X-nya. Bukan kacamata atau jam tangan, Google kali ini mengumumkan sebuah proyek menarik dimana mereka tengah mengembangkan sebuah lensa kontak cerdas. Bukan sembarang lensa kontak, karena lensa kontak ini ditujukan untuk bidang kesehatan khususnya bagi para penderita diabetes sehingga mereka bisa memonitor kondisi kesehatan mereka.

Proyek yang disebut Smart Contact Lens ini diumumkan Google lewat blog resminya berikut beberapa foto prototipe dari lensa kontak tersebut. Dengan bentuk seperti lensa kontak biasa, piranti ini juga dikenakan layaknya lensa kontak pada umumnya. Yang membedakan tentunya adalah teknologi yang dibenamkan di dalamnya, di mana Smart Contact Lens ini dilengkapi dengan miniatur wireless dan sensor glukosa mini. Sensor dan chip WiFi tersebut dibenamkan di antara dua lapisan dari lensa kontak. Deteksi kadar glukosa sendiri dilakukan melalui air mata, yang kemudian hasil deteksi tersebut akan diinformasikan kepada si pengguna.

Google menyatakan bhawa mereka tengah menguji coba lensa kontak tersebut, memonitor kadar glukosa dengan pada tingkat satu per detik, dan Google juga meneliti sistem peringatan pada orang yang mengenakan lensa kontak tersebut. Google tengah menguji coba untuk mengintegrasikan lampu LED mungil ke lensa kontak tersebut yang nantinya bisa memberikan peringatan saat lensa kontak mendapatkan perubahan tingkat kadar glukosa.

Proyek ini sendiri disebut Google masih dalam tahap awal tetapi mereka telah menyelesaikan sejumlah studi penelitian klinis yang digunakan untuk membuat lensa kontak tersebut menjadi lebih baik. Google juga telah membicarakan dengan pihak FDA Amerika Serikat mengenai produk baru ini, namun masih ada banyak hal yang harus dikerjakan pada prototipe lensa kontak tersebut sebelum bisa digunakan oleh para penderita diabetes.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES