in: Awards | January 1, 2014 | by: Richard Sutanto

Graphic Card OC Terbaik Tahun 2013

Tahun 2013 ini memang tidak banyak dihiasi dengan kehadiran berbagai graphics card kelas overclocking yang memiliki kemampuan untuk ditingkatkan kinerjanya hingga jauh dari standar. Walaupun begitu, beberapa produk yang dirilis oleh beberapa vendor masih mampu menarik perhatian karena kelebihan yang dimilikinya. Kami mencoba memilih beberapa produk terbaik di kelas graphics card overclocking ini dan memberikan JagatReview Annual Award 2013 kepada mereka. Produk mana saja yang layak mendapatkannya?

MSI GTX 780 Lightning

msi-gtx-780-lightning-card-011

 

Melalui MSI GTX 780 Lightning, MSI kembali berhasil membawa graphics card mereka ke level lebih tinggi, yang memang merupakan ciri khas seri Lightning mereka. Lamanya waktu pengembangan memang berbuah manis dengan sajian performa gaming tinggi saat digunakan sekalipun dalam keadaan standar dan fitur berlimpah terutama di sektor overclocking. Tidak dapat dipungkiri, performa gaming standar MSI GTX 780 Lightning tergolong kencang dan memuaskan. Bahkan graphics card tersebut mampu mengimbangi atau bahkan melampaui performa GeForce GTX TITAN pada beberapa pengujian.

Sebagai produk seri Overclocking, tidak aneh jika MSI GTX 780 Lightning dilengkapi berbagai fasilitas overclocking terbaik milik produsen ini. Sebut saja penggunaan komponen Military Class 4 untuk durabilitas lebih baik pada kondisi ekstrim, OCP dan OVP Limit yang lebih leluasa berkat LN2 BIOS, desain power phase jauh lebih baik daripada reference, serta GPU Reactor. Tersedianya hal-hal tersebut mendukung overclocker untuk memeras clock dari GPU GTX 780-nya hingga batas MHz terakhir. Ini yang sudah dibuktikan oleh beberapa overclocker papan atas dunia yang berpartisipasi di MSI Master Overclocking Arena 2013. Dan memang, MSI GTX 780 terlihat cukup banyak mendominasi papan skor pada berbagai benchmark, misalnya saja yang terlihat di Hwbot.org untuk 3DMark Fire Strike ini:

*ranking diambil tanggal 31 Desember 2013, 16:00 GMT +7*

*klik untuk memperbesar*
*klik untuk memperbesar*

Atas semua hal yang disematkan MSI dalam produk ini, kami memberinya Gold Award di kategori Graphics Card OC ini!

 

Galaxy GTX 780 Hall of Fame

2013-07-29-galaxy-geforce-gtx-780-hall-of-fame-hof1

 

GTX 780 Hall of Fame(HOF) dari Galaxy(atau dikenal juga di Eropa dengan nama KFA2)merupakan salah satu Graphic Card yang cukup unik yang ada di pasaran saat ini. Berbeda dengan graphics card dari produsen lain yang menggunakan PCB dengan warna standar merah, hitam, atau biru, perusahaan ini memilih untuk menggunakan warna PCB putih. Hal itu memang tidak berpengaruh pada kemampuan keseluruhan dari graphics card ini, tetapi lebih ke pemanis tampilan saja.

Galaxy GTX 780 HOF dibekali dengan kecepatan clockspeed yang tinggi pada keadaan defaultnya (1Ghz Base, 1058Mhz Boost Clock). Untuk menjaga kondisi suhu operasional GPU-nya, Galaxy menyematkan Custom Cooling yang cukup mumpuni. Pendingin ini juga disertai switch pada bagian belakang yang berfungsi untuk mengubah kecepatan kipas dari normal ke FULL speed (100%).

Selain dari solusi pendinginannya, Galaxy juga mendesain graphics card ini untuk dapat membantu penggunanya mengeluarkan potensi kemampuan maksimal dari GPU GeForce GTX780 yang digunakannya, misalnya dengan menggunakan desain VRM 8+2 Phase.

VRM pada GTX 780 HOF. *Gambar disadur dari: chinadiy.com.cn*
VRM pada GTX 780 HOF. *Gambar disadur dari: chinadiy.com.cn*

Ketahanan desain Galaxy GTX 780 HOF ini  sudah dibuktikan saat Galaxy saat mereka menggelar Galaxy Overclocking Carnival 2013 di Shanghai, China lalu, dimana overclocker yang berpartisipasi berhasil mencatatkan skor yang cukup mengejutkan sepanjang turnamen overclocking tingkat dunia itu tersebut berlangsung.

Semua hal diatas akhirnya menuntun graphics card ini sebagai penerima Silver Award pada kategori Graphics Card OC.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES