in: News | January 22, 2014 | by: Ozal

Harga iPhone 4 di Negara Berkembang Bakal Dipangkas?

Apple punya dua kebiasaan, yaitu memperkenalkan model iPhone terbaru dengan harga lebih mahal dan memangkas handset versi sebelumnya, terutama yang berumur lebih dari dua tahun. Kebiasaan inilah yang kini bakal dilakukan Apple dengan memangkas besar-besaran harga iPhone 4 di India dan mungkin, menyusul ke berbagai negara berkembang lainnya.

iphone 4 (1)

Menurut laporan yang dibuat media India, Economic Times, Apple berencana menjual iPhone 4 versi 8GB dalam jumlah banyak dengan harga 15.000 rupee atau bila dirupiahkan setara dengan Rp 3 juta per buah. Angka tersebut telah dipangkas cukup besar dari harga ritel iPhone 4 di India yang sebelumnya masih mencapai 26.500 rupee atau Rp 5,2 juta.

“Meskipun masih ada potensi permintaan untuk iPhone 4 karena harga yang menarik di India, tetapi model ini telah kehilangan dukungan di pasar,” kata seorang sumber yang menjabat sebagai eksekutif senior di jaringan ritel elektronik di India.

Keputusan itu datang sebagai langkah Apple untuk menghabiskan stok iPhone 4 yang masih tersisa. Terlebih, Apple telah memutuskan untuk tidak memproduksi lagi iPhone 4 pada kuartal terakhir 2013 lalu. Hal ini disebabkan karena sejumlah pemasoknya kini akan diprioritaskan untuk memperbanyak dua handset terbaru Apple, yakni iPhone 5S dan iPhone 5C.

Strategi Apple ini dianggap cukup radikal dengan menjual lebih banyak handset lawas, bukannya iPhone 5C atau iPhone 5S di pasar negara berkembang. Pihak Apple pun enggan memberikan tanggapan menyoal itu. Kemungkinan, langkah ini juga dilakukan guna merebut kembali pangsanya di pasar smartphone terbesar ketiga di dunia itu setelah turun menjadi 1,4 persen pada akhir 2013 lalu.

Mungkinkah Apple juga berniat menerapkan strategi radikal itu ke negara berkembang lainnya, seperti Indonesia? Semoga saja memang demikian, mengingat harga smartphone keluaran 2010 silam itu di Tanah Air kurang lebih masih sekitar Rp 4 juta untuk versi 8GB dan masih diburu oleh konsumen.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES