in: News | January 24, 2014 | by: Cerira

Inggris Hadirkan Internet Super Cepat untuk Alat Transportasi Darat, Laut dan Udara via Satelit

Eurostar

Para penumpang transportasi umum di Inggris tak lama lagi bisa menikmati perjalanan sambil mengakses internet super cepat. The Office of Communication atau Ofcom, yakni sebuah badan regulasi penyiaran, telekomunikasi  dan industri pos di Inggris mengumumkan rencana mereka untuk menghadirkan internet super cepat di berbagai sarana transportasi seperti pesawat terbang, kapal laut dan kereta api di Inggris dengan menggunakan satelit dan piranti yang disebut ‘stasiun bumi’.

Dengan keputusan ini, kendaraan darat, laut dan udara yang beroperasi di Inggris akan bisa menggunakan teknologi berbasis satelit untuk memberikan layanan internet boradband supercepat kepada pelanggannya, yakni dengan kecepatan 10 kali lebih cepat dibanding layanan internet yang sudah ada saat ini. Stasiun bumi sendiri akan diletakkan di pesawat terbang, kapal kaut dan kereta api yang beroperasi di Inggris sehingga mereka bisa berkoneksi dengan satelit geostasioner yang kemudian akan menghadirkan koneksi internet supercepat. Ofcom sendiri akan menggratiskan spektrum dalam jumlah yang besar yang akan digunakan oleh satelit dan stasiun bumi.

img_20120320114302_4f680ad6e37a6

Menurut Group Director of Spectrum Ofcom, Philip Marnick, Ofcom ingin mereka yang dalam perjalanan dengan menggunakan sarana transportasi umum tersebut bisa mendapatkan manfaat dari broadband super cepat saat dalam perjalanan, seperti kecepatan yang didapatnya saat menggunakan koneksi internet di rumah. Menurut Marnick, dengan keputusan tersebut berarti bahwa para operator kereta api, kapal laut dan pesawat terbang tak lama lagi sudah bisa mulai proses untuk mendapatkan layanan yang berharga ini dan menyediakannya untuk para penumpang mereka. Nantinya stasiun bumi yang dipasang di kendaraan-kendaraan di darat, misal di kereta api, akan dibuat bebas lisensi spektrum sama sekali, sedangkan untuk stasiun bumi yang dipasang di pesawat terbang atau kapal laut akan dikenai lisensi oleh Ofcom karena kendaraan-kendaraan tersebut bisa melintas ke wilayah hukum negara lain.

Ofcom menyatakan bahwa mereka akan mulai menerima aplikasi untuk lisensi kapal laut dan akan bisa dipasang dengan stasiun bumi bulan depan dan Ofcom juga tengah bekerja sama dengan otoritas penerbangan sipil untuk membawa layanan ini ke pesawat terbang.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES