in: News | January 11, 2014 | by: Patrick

Konsep Ponsel Rakitan dari ZTE

Eco-Mobius [gambar via CNET]
Eco-Mobius [gambar via CNET]
Keinginan untuk mengganti atau bahkan merakit ponsel sendiri mungkin sudah menjadi impian sejumlah besar orang, namun belum ada implementasinya sampai saat ini. Pada event Computer Electronics Show 2014 di Las Vegas, impian ini hampir mendekati kenyataan. ZTE memamerkan konsep ponsel moduler mereka yang dinamakan Eco-Mobius. Dalam konsepnya, pengguna dapat mengustomisasi dan mengganti komponen-komponen yang ada di dalam smartphone mereka.

Dikembangkan oleh divisi R&D ZTE di Cina, konsep dari Eco-Mobius ini memungkinan pengguna untuk mengganti ataupun mengupgrade komponen hardware tunggal yang ada di perangkat tersebut. Sebagain contoh, misalnya Anda ingin mengganti lensa kamera ponsel Anda pada saat ada event perkawinan, Anda bisa langsung menggantinya misalnya dari lensa resolusi standar ke lensa beresolusi yang lebih tinggi.

Contoh lainnya adalah bila produsen chip seperti Nvidia dan Qualcomm meluncurkan prosesor yang lebih cepat untuk ponsel. Bila Anda masing ingin menggunakan ponsel Anda yang lama, Anda bisa saja mengupgrade hanya komponen prosesornya saja. Satu-satunya komponen yang ingin dijaga konsistensinya oleh ZTE adalah body casing dan layarnya.

Sangat menarik melihat perkembangan konsep ponsel moduler seperti ini, apakah ZTE akan mengembangkan ide ini sehingga sukses di pasaran? ataukah trennya tidak akan berkembang lebih lanjut?

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES