in: News | January 11, 2014 | by: Ozal

m-Retail Kian Menjanjikan Pada 2018 Nanti

Mretail 2

Nilai pembelian produk ritel melalui handset mobile (m-retail), seperti smartphone dan tablet diperkirakan akan mencapai US$ 707 miliar atau hampir setara Rp 8.400 triliun di seluruh dunia pada 2018 mendatang. Angka tersebut mewakili 30 persen dari semua berbelanja melaui e-Retail yang terjadi pada tahun yang sama.

Demikian menurut laporan terbaru periset pasar teknologi terkemuka, Juniper Research, dilansir dari Cellular News. Ini hasil perkiraan yang cukup menakjubkan bila melihat nilai transkasi m-retail yang terjadi pada 2013 lalu. Pada waktu itu, belanja ritel melalui perangkat mobile masih berada di angka US$ 182 miliar atau memawakili sekitar 15 persen dari e-Retail.

“Juniper Research menemukan, retailer terkemuka akan semakin mengembangkan strategi di sektor mobile, lalu menggunakannya sebagai ‘hub’ fasilitas pembayaran, penemuan produk, dan mempertahankan pelanggan,” kata Dr Windsor Holden, penulis laporan Gartner yang berjudul, ‘Mobile Payment for Digital & Physical Goods: Opportunities & Forecast 2014-2018’.

Lebih lanjut laporan ini juga menemukan, pengguna perangkat mobile benar-benar menggunakan fungsi internet di smartphone mereka saat berbelanja. Smartphone-nya cenderung digunakan untuk melakukan browsing terhadap produk yang diinginkannya. Saat melakukan browsing, mereka melakukan perbandingan harga terhadap produk yang ditaksirnya.

Tren yang disebut sebagai ‘showrooming’ inipun sudah terjadi beberapa tahun terakhir ini. Selain melakukan perbandingan harga, mereka juga mendapatkan rekomendasi atau mencari review terhadap produk yang hendak dibelinya. Dengan kata lain, smartphone telah membantu orang menjadi pembeli yang cedas.

Selain itu, ini berarti bahwa bukan hanya pengecer yang proaktif menawarkan kesempatan konsumen untuk mengecek harga di toko, namun transaksi dapat dilakukan dengan segera, tanpa harus antri di kasir toko,” imbuhnya peneliti tersebut.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES