Motherboard OC Unlimited Budget Terbaik di Tahun 2013

Reading time:
January 2, 2014

Tidak terasa bahwa saat ini kita berada dipenghujung tahun 2013. Untuk menyambut 2014 JagatReview akan menyajikan kembali artikel yang menjadi tradisi tahunan, JagatReview.com Annual Award 2013! Kali ini, kami akan membahas beberapa produk yang layak mendapatkan penghargaan tersebut dari kategori Motherboard Overclocking Dana Tak Terbatas(Unlimited Budget). Kategori ini sendiri dibagi lagi menjadi dua sub-kategori, yaitu motherboard untuk kelas enthusiast dan kelas mainstream. Tanpa basa-basi lagi, inilah motherboard yang menurut kami layak mendpatkan penghargaan Gold dan Silver Award untuk tahun 2013 ini!

Motherboard Overclocking Enthusiast Platform Unlimited Budget

ASUS Rampage IV Black Edition

ASUS-R9280X-DC2-3GD5-DirectCU-II-Radeon-R9-280X-3GB-GDDR5

 

Inilah jawara di sub-kategori motherboard untuk platform enthusiast: ASUS Rampage IV Black Edition(RIVBE)! ASUS kembali merilis sebuah motherboard X79 di tahun 2013 ini, yang memang dioptimalkan untuk penggunaan CPU Ivy Bridge-E. Motherboard ini mendapatkan perbaikan desain sana-sini untuk bisa mengeluarkan kemampuan overclocking ekstra dari CPU Ivy Bridge-E, terutama di bagian memory DDR3. Sebagian catatan kesuksesan dari motherboard ini adalah keberhasilan dumo & coolice dari USA yang mencapai Memory Frequency 2002 MHz(DDR3-4004Mhz) (Submission Link).

Motherboard dengan warna dasar hitam yang satu ini juga membuktikan dirinya menjadi motherboard favorit untuk menjalankan berbagai macam 3D benchmarking dengan konfigurasi multi-GPU. Salah satu pencapaian mengagumkan dari motherboard ini adalah World Record pada benchmark 3DMark Vantage yang dicatatkan atas nama TeamAU yang mendapatkan score 97384 dengan menggunakan 4 x R9 290x (GPU: 1225 MHz/Memory: 1625 MHz), Core i7-4960X (CPU: 6024.07 MHz/Bus Speed: 125.50), dan Quad Channel memory (Size: 16GB/Frequency: 1338.7 MHz) (Submission Link). Tentunya hasil-hasil tersebut didapatkan dengan menggunakan pendinginan ekstrim menggunakan Liquid Nitrogen. JagatOC Team pun pernah menggunakan motherboard ASUS Rampage IV Black Edition pada kompetisi OC antarnegara Hwbot COuntry Cup 2013, dan mencatatkan skor 3DMark11 Performance Preset yang tertinggi di lab JagatOC selama tahun 2013 dengan nilai 38039.

Tidak hanya performa yang ditawarkan oleh RIVBE, Motherboard yang satu ini dilengkapi juga dengan perangkat keras eksternal yaitu OC Panel. Anda dapat melakukan overclocking on the fly dengan menggunakan perangkat ini tanpa membebani Anda untuk melakukan instalasi software tertentu, bahkan Anda dapat menggunakan OCPanel ini untuk mengukur suhu dengan menggunakan K-Type Thermal Probe. Semua hal tersebut membuat kami merasa pantas menganugerahkan Gold Award padanya!

Motherboard Overclocking Mainstream Platform Unlimited Budget

ASUS Maximus VI Extreme

MaximusVIExtreme_081

 

Maximus VI Extreme merupakan motherboard Z87 yang kaya akan fitur serta memiliki potensi Overclocking yang luar biasa. Sesuai yang tertera pada kemasannya, motherboard ASUS Maximus VI Extreme(MVIE) didesain untuk overclocking. Bahkan kami berani berpendapat bahwa motherboard ini diciptakan KHUSUS untuk overclocking, mulai dari opsi overclocking yang luas, sampai kepada kemudahan yang ditawarkan melalui preset di BIOS.

Salah satu fitur yang unggulan ASUS MVIE bagi extreme overclocker adalah adalah fitur Max VCore . Dengan menggunakan fitur ini di BIOS, Anda dapat memberikan voltase CPU(VCore) yang lebih tinggi dibandingkan dengan motherboard Z87 pada umumnya. Hal ini disebabkan karena ASUS memiliki desain khusus yang mengijinkannya melewati limit 2 Volt pada spesifikasi FIVR(Fully-integrated Voltage Regulator) dari Intel. Dengan opsi ini diaktifkan, para overclocker ekstrim dapat dengan leluasa menggunakan voltase VCore diatas 2 Volt untuk mencapai clock CPU tertinggi mereka. Tidak lupa, ASUS MVIE  juga memiliki slot ekspansi yang memadai untuk melakukan 4-way SLi atau CrossFireX.

Pada sebuah lomba Overclocking ‘Computex OC Main Event’ yang diadakan oleh Corsair pada Computex 2013 di Taipei lalu, motherboard ini merebut gelar juara untuk 10 benchmark dari 11 benchmark yang dipertandingkan. Hal itu mengukuhkan gelar motherboard overclocking untuk kelas mainstream yang kami berikan padanya. Fitur-fitur tersebut, ditambah dengan kemampuan untuk menggunakan OCPanel, membuat motherboard ini kami rasa cukup layak mendapatkan gelar Gold Award.

ASRock Z87 OC Formula

ASRock-Z87-OC-Formula---Oblique_500px

 

ASRock Z87 OC Formula adalah motherboard overclocking yang tidak merepotkan penggunanya. Hal ini ada benarnya mengingat sekujur tubuh motherboard ini sudah dilapisi oleh Conformal Coating! Sebagai seorang extreme overclocker, insulasi merupakan salah satu hal yang sangat penting, biasanya tim JagatOC menggunakan Kneaded Eraser sebagai bahan insulasi motherboard dan VGA. ASRock OCF ini TIDAK memerlukan insulasi pada bagian PCB-nya karena ASRock sudah memberikan conformal coating pada seluruh komponen PCB OCF (Link Artikel yang disertai Video). Hal itu membuat motherboard ini tidak lagi merepotkan penggunanya ketika melakukan extreme overclocking karena kebutuhan akan insulasi sudah diatasi dari pabrik.

Selain mempermudah persiapan insulasi, ASRock OCF juga memiliki slot ekspansi yang memadai untuk melakukan 4-way SLi atau CrossFireX. ASRock melengkapi BIOS motherboard ini dengan berbagai Overclocking Profile dan Memory Preset untuk berbagai skenario dan kebutuhan. Semua fitur tersebut menjadikan motherboard yang satu ini teman yang cukup bisa diandalkan untuk overclocking pada overclocker extreme dan kamipun mengganjarnya dengan Silver Award.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…