in: Graphics Card - News | January 17, 2014 | by: Ridwan Fariz

NVIDIA Akan Merilis GTX 750Ti dengan Arsitektur Maxwell?

750ti

Tahun lalu NVIDIA merilis GTX 700 series miliknya yang diketahui graphics card tersebut masih menggunakan GPU dengan basis arsitektur Kepler namun telah mendapatkan modifikasi agar performanya lebih optimal jika dibandingkan Kepler GeForce GTX 600 series sebelumnya. Namun sayangnya NVIDIA tidak merilis varian GTX 700 series ini dengan jajaran yang lengkap, dan terhenti hingga varian GTX 760 sebagai pengisi kelas mainstream-performance, yang selanjutnya NVIDIA justru lebih berfokus untuk menghadirkan graphics card kelas high-end enthusiast yang posisinya saat itu sedang terancam oleh “kubu merah”.

Nama GeForce GTX 750 Ti pernah muncul ke permukaan, bahkan dengan wujud penampakan yang diperkirakan akan menggunakan basis GPU GK106. Namun entah mengapa, NVIDIA nampak mengurungkan niat untuk merilis varian GTX 750 Ti tersebut hingga saat ini. Kabar terbaru menyebutkan, jika NVIDIA akan menghadirkan GTX 750 Ti ini dengan membawa arsitektur GPU mereka yang terbaru yaitu NVIDIA Maxwell. Kabar tersebut memperkuat rumor sebelumnya yang menyebutkan jika NVIDIA akan merilis graphics card Maxwell ini dengan urutan dari bawah ke atas.

Namun yang jadi pertanyaan, mengapa NVIDIA tidak menggunakan nama GeForce GTX 800 series, tapi justru malah masih menggunakan nama GTX 750 Ti series ini untuk debut Maxwell mereka? Jika benar terjadi, kejadian ini mirip dengan kejadian beberapa tahun lalu disaat NVIDIA merilis GeForce 8800GT yang menggunakan arsitektur G92, yang diketahui berbeda sendiri dengan arsitektur yang digunakan pada graphics card satu angkatannya (8800 series).

Jika sesuai rumor yang disebutkan ini, GeForce GTX 750 Ti berbasiskan Maxwell ini akan hadir bulan Februari mendatang, masih menggunakan fabrikasi 28nm, mengingat TSMC baru memulai produksi masal fabrikasi 20nm pada kuartal satu tahun ini, yang mungkin baru akan digunakan pada graphics card Maxwell kelas atasnya. Namun GTX 750 Ti ini akan dipersenjatai dengan fitur baru yang mereka sebut dengan Unified Virtual Memory, yang menjadi kunci performa pada arsitektur Maxwell. Mari kita tunggu saja apakah rumor ini benar adanya.

Sumber 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES