in: Digital Camera - Photography | January 29, 2014 | by: Bhisma Sidarto

Olympus OM-D E-M10: Sebuah E-M5 Yang Lebih Terjangkau

Olympus kembali meramaikan pasar kamar mirrorless dengan memperkenalkan “adik” dari OM-D E-M5. Kamera yang menyandang nama OM-D E-M10 itu secara sekilas terlihat tak berbeda dengan “kakak”nya, walau begitu janganlah menilai sebuah buku dari sampulnya. Mari kita kenal lebih jauh anggota terbaru dari jajaran OM-D series ini.

NC_F10_SLV_right_M14422R_BLK_off

Kamera baru diberitakan mengusung beberapa fitur utama sebagai berikut:

  • 16 Megapixel Four Thirds CMOS sensor
  • Twin control dials
  • Built-in flash
  • 8 fps continous shooting
  • Tilting 1.04M dot LCD touchscreen
  • Wi-fi connection
  • ‘3-axis’ image stabilization

Jika mencermati spesifikasi diatas terlihat sang adik mewarisi beberapa fitur dari saudara tua-nya, bahkan menghadirkan beberapa fitur baru pula. Secara fisik kamera ini tak berbeda jauh dengan E-M10, sepertinya Olympus tidak ingin merubah layout yang cukup sukses pada kamera terdahulu. Menggunakan sensor yang sama dengan E-M10 membuat kamera ini  mewarisi karakteristik dari pendahulunya dalam hal kualitas gambar.

Image processor yang diusung oleh E-M10 merupakan salah satu hal yang baru dari kamera ini. Jika sebelumnya E-M5 menggunakan TruePic VI, maka E-M10 menggunakan sebuah processor baru dengan nama TruePic VII. Selain itu terdapat pula peningkatan resolusi layar belakang dari E-M5 yang hanya 614k dot menjadi 1.04m dot. Kemampuan pengambilan videonya pun meningkat dari 1080/60i MOV menjadi 1080/30p. Perubahan yang paling besar adalah bahwa E-M10 tidak memiliki weather sealing seperti yang dimiliki oleh EM-5.

 

 

NC_F10_SLV_top

 

NC_F10_SLV_tiltlowside_M1442EZ_BLK_wide   NC_F10_SLV_back

 

OM-D E-M10 disebut-sebut sebagai sebuah E-M5 dilucuti beberapa fiturnya agar membuat kamera ini semakin terjangkau. Pernyataan itu tidak membuat kamera ini menjadi kamera yang timpang. Terlihat fitur-fitur yang “dipotong” memang hal-hal yang jarang dipakai atau dibutuhkan. Walau pemotongan fitur weather sealing menjadi langkah yang bisa membuat banyak pihak menjauhi kamera ini, tetapi itu memang sebuah langkah yang harus dilakukan untuk menurunkan harga. Olympus berhasil menghadirkan kamera baru yang cukup terjangkau dengan fitur-fitur penting yang tetap berlimpah.

Sumber: DPreview, Petapixel

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES