in: News | January 30, 2014 | by: Cerira

Phase One Luncurkan Kamera Medium Format 50MP CMOS Pertama di Dunia

Phase-One-IQ2501

Jika Hasselblad telah mengumumkan akan meluncurkan kamera terbaru mereka yang diklaim sebagai kamera medium format pertama di dunia yang akan tersedia pada bulan Maret nanti, maka tanpa banyak basa-basi, vendor asal Denmark yang juga dikenal sebagai produsen kamera digital high-end, Phase One, meluncurkan back camera back mereka dalam tipe yang sama, dan bahkan sudah tersedia di pasar. Kamera Phase One berseri IQ250 ini menggunakan sensor 50MP CMOS medium format dan dipasarkan dengan harga $35,000.

Phase One menghadirkan IQ250 sebagai kamera yang bisa memberikan jangkauan ISO terlebar di dunia dari semua sistem kamera medium format yang ada, yakni dari 100 hingga 6400, serta menawarkan 14 stop dynamic range yang akan memungkinkan para fotografer untuk mempertahankan detail dari highlight dan bayangan. Dengan kedalaman warna 14 bit maka kreatifitas juga akan bisa diperluas. Sensor yang digunakan bertipe CMOS dengan resolusi 50 megapiksel berukuran 44 x 33 mm dan resolusi yang dimiliki sebesar 8280 x 6208 piksel, serta 5.3 x 5.3 micron pixel. Hal ini berarti, sensor ini 68% lebih lebar dibanding kamera DSR  full frame 35mm. Pemilihan sensor CMOS dibanding menggunakan CCD memang sangat penting karena CMOS akan memungkinkan kamera ini bisa memberikan performa cahaya rendah yang lebih baik dibanding rival-rivalnya yang sudah ada di pasaran.

Phase-One-IQ2502

Kamera ini juga dilengkapi dengan layar sentuh 1.15MP 3.2” beresolusi tinggi di bagian belakang yang bisa digunakan sebagai live view, playback dan mengakses menu di kamera sehingga bisa melakukan pengaturan-pengaturan saat dibutuhkan. Live View tersebut sudah diperbaiki kemampuannya sehingga performa yang dihadirkan bisa lebih maksimal. Untuk konektifitas, IQ250 dibekali dengan WiFi terintegrasi sehingga bisa digunakan untuk berkoneksi dengan iPad, iPhone dan berbagai piranti pintar lainnya. Disediakan USB 3.0 untuk berkoneksi dengan komputer untuk menjalankan program Capture One. IQ250 juga bisa digunakan dalam berbagai macam bodi kamera medium format lainnya meskipun Phase One lebih menyarankan untuk memasangkannya dengan 645DF+.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES