[PR] Bermain dengan 4K: Seberapa Cepat Kamu Bisa Mengemudi? Bagaimana dengan 1,5 Miliar Piksel Per Detik
Indonesia, Jakarta – 20 Januari 2014, Berhektar-hektar tiruan pantai, makanan lezat, pemandangan perkotaan yang indah tampak mengisi semua booth yang menampilkan display 4K di dalam International Consumer Electronics Show (CES)
Booth kami menyimpan sebuah pemandangan yang fantastis juga: Sebuah track yang photo-realistic dan berliku-liku ditampilkan dengan kejernihan yang mencengangkan dalam tiga monitor Panasonic 4K 65 inci.
Inilah yang membuat kami berbeda: Anda bisa mengambil kontroler dan melaju dalam pemandangan ini seperti orang kesetanan, saat beberapa speaker stereo memekakkan telinga di sekitarmu dengan auman sebuah Pagani dua kursi berwarna hijau.
Ini adalah 4K yang dapat kamu mainkan. Dengan harga di bawah US$ 30.000.
“Luar biasa,” ujar Carlos Cuello, seorang jurnalis Kolombia yang menulis untuk Enter.Co, publikasi teknologi terbesar di negaranya, ketika ia menyaksikan live demo kami. “Ini adalah dimensi yang berbeda.”
4K, tentunya, adalah terminologi industri untuk monitor generasi terkini dengan resolusi teramat tinggi. Angka ini mengacu pada kemampuan menjejalkan 4.000 piksel atau lebih dalam sebuah garis horisontal.
Bagi mata manusia, hal ini memberikan lompatan yang cukup besar dibandingkan display high-definition yang sekarang dapat dibeli dengan harga beberapa juta rupiah di toko elektronik terdekat.
Membuat video yang dapat memanfaatkan apa yang mampu disuguhkan display 4K ini tidaklah mudah. Videographer harus meng-upgrade kamera dan workstation untuk video editing-nya ke generasi terbaru.
Lebih susah lagi: membuat penalaman interaktif yang dapat menampilkan keunggulan dari semua piksel itu. Ini adalah sesuatu yang berada di luar kemampuan konsol game generasi terakhir.
GeForce GTX Titan Menampilkan: Sebuah display 12K yang dapat dimainkan.
Ini membuat konten 4K – pada beberapa layar – menjadi demo dari apa yang bisa kita peroleh di masa datang.
“Saya melihat panel 4K akan menjadi kiat terjangkau, dan makin banyak konten 4K bermunculan,” ujar Patrick Danford, seorang gamer PC yang bekerja di Walt Disney Studios, setelah melihat isi PC dengan pendingin water-cooling melalui panel transparan di sisi casing mesin tersebut.
Untuk membangun unit demo, kami menggunakan Genesis PC dari Origin. Lalu, kami melengkapinya dengan empat GeForce GTX Titan graphics card yang digabung dengan teknologi SLI.
Kemudian, kami mengisikannya dengan versi pre-release dari Projct CARS (Community Assisted Racing Simulator), sebuah simulator mengemudi yang dikembangkan oleh Slightly Mad Studios. Lalu, kami meningkatkan pengaturannya agar game bisa dijalankan sangat mulus pada 60 frame per second.
1.5 Miliar Piksel Per Detik
Hubungkan rig tersebut dengan tiga layar 65 inci dan Anda bisa berkendara dengan lebih dari 1,5 Miliar piksel per detik dalam tampilan 12K.
Dan semua pengunjung booth kami sangat menyukainya.
“Sangat menyenangkan,” ujar Stanley, yang PC di rumahnya dilengkapi dengan NVIDIA GeForce GTX 650 Ti, sembari menganggukkan kepala ke arah layar besar kami. “Seandainya saja saya bisa memasukkan itu ke dalam apartemen saya.”
– Lihat lebih rinci pada link berikut: