in: News | January 21, 2014 | by: Ozal

Selama 2013, Laptop Acer Banyak yang Tak Laku

Acer

Malang bagi Acer, perlemahan pasar PC selama 2013 akibat gempuran tablet ternyata telah berdampak buruk bagi Acer, raksasa vendor PC asal Cina. Selama 2013, perangkat PC keluaran Acer, baik laptop maupun desktop banyak yang tidak terjual. Angkanya pun cukup fantastis, dengan nilai yang tak terjual mencapai US$ 44 juta atau setara dengan Rp 548 miliar.

Tidak terjualnya perangkat PC Acer sebesar itu, diduga karena permintaan laptop layar sentuh dan ultrabook mereka telah merosot cukup signifikan. Sayangnya, Acer enggan menyebutkan, berapa unit kedua jenis perangkat PC tersebut yang tak terjual. Sehingga pihaknya hanya menyebutkan nilai angka tak jualnya saja.

Pihak Acer pun memperkirakan, pendapatannya selama tahun fiskal 2013 akan mengalami penurunan sebesar 16,2 persen. Sementara kerugiannya pada kuartal keempat 2013 mencatakan angka sebesar US$ 274 juta.

Dalam pernyataan resminya, dilansir dari the Inquirer, perusahaan mengatakan, “Acer mengakui telah salah langkah di masa lalu di alokasi sumber daya dan berharap lebih dari ultrabook dan notebook layar sentuh. Meskipun kedua produk itu memimpin dalah hal desain, tetapi nyatanya tak memenuhi kebutuhan pasar.”

Sementara itu, menurut data terbaru yang dikeluarkan periset pasar teknologi IDC, Acer menjadi vendor paling menderita dibanding raksasa PC lainnya selama setahun terakhir ini. Penjualan PC-nya telah menurun 28,5 persen, dari 33,6 juta unit menjadi 24 juta unit pada 2013. Acer bahkan terlempar posisinya dari daftar lima vendor PC teratas.

Sebaliknya, rival senegara Acer, yakni Lenovo justru menjadi vendor satu-satunya yang mengalami pertumbuhan pasar PC-nya dibanding vendor, seperti Asus, Dell, Apple, dan HP. Selama 2013 lalu, masih menurut perkiraan IDC, penjualan PC Lenovo di seluruh dunia tumbuh dari 52 juta unit pada 2012 menjadi 54 juta unit. Dan, untuk kedua kalinya, posisi Lenovo tak tergoyahkan sebagai vendor PC nomor satu di dunia dalam hal penjualan.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES