in: News | January 24, 2014 | by: Cerira

Sony akan Hadirkan Kemampuan Rekam Video 4K di Smartphonenya?

sony-ces-2014-keynote6

Sony nampaknya akan menyeriusi teknologi 4K dan mengadopsinya di beberapa piranti seperti TV, kamera video, hingga konten. Dan salah satu piranti yang nampaknya akan menjadi target selanjutnya yang akan dipersenjatai dengan kemampuan 4K adalah smartphone. Menurut rumor yang beredar, Sony akan membenamkan kemampuan perekaman video 4K di smartphone besutannya di waktu mendatang.

Teknologi video 4K atau UltraHD memang memiliki kelebihan dibanding teknologi HD yang dikenal saat ini, yakni dengan resolusi vertikal dan horisontal hampir dua kali lipat, atau memberikan resolusi empat kali lipat secara keseluruhan (3,840 x 2,160 piksel). Hal tersebut tentu saja akan membuat tampilan menjadi jauh lebih cerah, gambar lebih jelas detailnya terutama pada layar lebar atau saat  menonton dengan jarak sangat dekat dengan layar TV. Namun untuk layar yang lebih kecil atau display yang diletakkan dalam jarak yang jauh, perbedaan itu tidak akan terlalu kelihatan.

Namun yang menjadi masalah utama dan Sony menyadari hal itu, adalah belum adanya video 4K yang sudah tersedia di pasaran saat ini. di ajang CES lalu Sony mengumumkan strategi multi aspek untuk menyerang masalah 4K di mana salah satunya Sony juga berencana untuk menciptakan dan menghadirkan lebih banyak konten 4K  dan tool untuk siapa saja, dari para amatir hingga videografer profesional untuk bisa menciptakan video 4K.

xperia

Aspek terbaru dari strateginya tersebut muncul dalam smartphone Android terbaru Sony, Xperia D6503 yang menampilkan bocoran screenshot software dari smartphone Sony. Dalam XperiaBlog ditampilkan sebuah screenshot OS smartphone tersebut dan bisa dilihat ada beberapa setting menarik yang menunjukkan bahwa smartphone tersebut akan memiliki kemampuan untuk merekam video beresolusi 4K berikut frame rate tinggi. Smartphone Android terbaru dari Sony Xperia D6503 atau yang memiliki kode Sirius itu sendiri rencananya baru akan dipamerkan Sony di acara Mobile World Congress di Barcelona bulan depan.

Namun memang hal tersebut bukan indikasi pasti bahwa smartphone tersebut akan memiliki kemampuan itu. Bisa saja itu merupakan setting yang dimaksudkan untuk smartphone lain atau bisa juga XperiaBlog tidak memiliki software resmi untuk smartphone Sony. Namun bagaimana pun juga, hal tersebut merupakan petunjuk yang sugestif, serta sesuai dengan rencana Sony terhadap teknologi lain dari 4K yang telah diumumkannya. Kita tunggu saja konfirmasi resmi dari Sony, yang mungkin akan diumumkannya pada MWC nanti.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES