in: News | January 5, 2014 | by: Cerira

Windows 8 dan 8.1 Kuasai 10% Pasar Desktop

Meskipun Windows 7 masih menjadi pilihan utama para pengguna komputer yang dijalankan dengan OS Windows, tetapi usaha Microsoft untuk mendefinisikan ulang PC sebagai mesin dengan kemampuan layar sentuh dan terhubung dengan awan dengan OS Windows 8, pelan namun pasti mulai menyebar dan diadopsi oleh para pengguna komputer desktop di seluruh dunia.

windows-8

Dari data yang dikumpulkan oleh Net Applications, terlihat bahwa saat ini ada 10.49% desktop PC yang beredar di pasar sudah dijalankan dengan OS Windows 8 dan 8.1. Di bulan Desember 2013 lalu, kedua versi Windows tersebut mendapatkan prosentase 1.19%. Untuk  Windows 7 sendiri mengalami peningkatan 0.88% juga Windows Vista yang naik 0.04%. Sedang Windows XP mengalami penurunan jumlah pemakaian, yakni turun 2.24% mengikuti kabar yang menyatakan bahwa Microsoft akan menarik OS tersebut di tahun 2014 ini.

Windows 8.1 yang diperkenalkan bukan Oktober 2013 lalu nampaknya secara siginifikan tidak terlalu mendongkrak adopsi dari para pengguna Windows. Bahkan para pengguna baru yang sudah menjajal Windows 8 tidak terlalu tertarik untuk beralih ke versi baru tersebut, bahkan dengan tawaran upgrade gratis dan download yang sangat mudah 8. Market share untuk Windows 8 sendiri masih lebih besar dibanding Windows 8.1, yakni Windows 8 mendapatkan 6.89% sedangkan Windows  8.1 mendapatkan 3.60%.

Namun dominasi PC yang dijalankan dengan Window memang masih besar. Windows masih menguasai 90.73% dari pasar PC dunia meskipun itu tidak termasuk tablet seperti iPad. Beberapa mesin desktop juga bisa dioperasikan sebagai tablet, namun para produsen biasanya memiliki mesin dengan identitas sendiri sebagai satu piranti khusus atau sebagai piranti lain berdasarkan pada kasus penggunaan yang diharapkan,  contohnya Microsoft Surface Pro yang diidentifikasi sebagai mesin desktop sedangkan Surface 2 disebut sebagai tablet.

Dalam waktu yang sama, market share Mac mengalami sedikit penurunan yakni dari 7.56% menjadi 7.54%. Sedangkan sistem operasi Linux mengalami sedikit kenaikan, yakni dari 1.56% menjadi 1.73%.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES