in: News | February 3, 2014 | by: Cerira

Apple Dapatkan Paten untuk Kaca Safir

iPhone-6-Sapphire-400x250

Beberapa waktu yang lalu Apple telah mengumumkan akan berinvestasi mendirikan pabrik untuk memproduksi kaca safir di Amerika Serikat. Produksi kaca safir tersebut akan digunakan Apple untuk menggantikan Gorilla Glass yang selama ini digunakan untuk melapisi display di iPhone dan iPad. Salah satu piranti yang ditengarai akan menggunakan kaca safir adalah iPhone 6, di mana fitur solar charging pun akan dibenamkan di sana. Dan kini hadir kabar terbaru yang menyebutkan bahwa Apple telah berhasil mendapatkan hak paten untuk memproduksi kaca safir, di mana paten itu meliputi proses dan pemotongan lapisan safir untuk digunakan di produk elektronik untuk konsumen.

14.01.30-Sapphire-Patent-1

Seperti disebutkan sebelumnya, kaca safir merupakan salah satu material yang sangat tangguh dan kuat, dan dinobatkan sebagai materi terkuat kedua di alam semesta setelah berlian. Kekerasannya tersebut tentunya membuat proses pemotongan menjadi cukup sulit dan mengharuskan Apple menggunakan laser yang kuat dan lebih bertenaga untuk memotongnya sesuai spesifikasi yang dibutuhkan. Paten yang dikantongi itu sendiri meliputi proses bagaimana Apple mengembangkan dan memanen materi safir dan kemudian memolesnya, termasuk penggunaan laser untuk memotong lapisan safir di mana kemudian lapisan tersebut dihias dan dipotong ke dalam jendela. Saat proses menghias lapisan safir yang dipoles, lapisan safir tersebut bisa dilapisi lagi dengan penutup anti-fingerprint oleofobic atau menutupnya dengan pelindung tinta untuk papan sirkuit yang tercetak.

Safir diklaim memiliki kekuatan 2 hingga 3 kali lipat dibanding Gorilla Glass yang selama ini kita kenal. Saat ini Apple masih menggunakan Gorilla Glass sebagai lapisan display untuk iPhone dan iPad, tetapi telah menggunakan materi safir sebagai penutup lensa kamera di iPhone 5s dan sebagai kaca pelindung pada sensor fingerprint TouchID di ponsel yang sama. Nantinya, dengan menggunakan kaca safir di produk-poduk yang akan datang, tentunya akan membuat piranti tersebut menjadi lebih tangguh lagi sehingga iPhone atau iPad akan jauh dari goresan dan display cacat.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES