in: News | February 2, 2014 | by: Adhitya Kresna W

Candy Crush Saga Diprotes

Candy Crush Saga, game yang dinobatkan sebagai game terpopuler 2013 di OS Android, mengalami serangkaian konflik menyangkut hak paten nama game. Paten nama ‘Candy’ yang dimiliki oleh developer Candy Crush, King, mendapat banyak protes dari sejumlah developer game. Sejumlah developer game yang merasa dirugikan membuat sebuah website bernama Candy Jam sebagai wujud dari protes mereka.

Candy Crush Saga Screenshot

Seperti diketahui, King telah membuat trademark untuk nama ‘Candy’ sebagai nama game yang hanya boleh digunakan oleh sang developer. Tak lama setelah itu, Apple memberi peringatan kepada para developer game yang mendaftarkan aplikasi atau game dengan nama ‘Candy’ akan dinonaktifkan. Peringatan dari Apple tersebut memicu banyaknya protes dari para developer game yang menggunakan nama ‘candy’ dalam aplikasinya.

Sejumlah pengembang game yang tergabung dalam situs Candy Jam memprotes pelarangan nama ‘Candy’ karena sudah dipatenkan oleh King. Menurut keterangan yang terdapat pada website Candy Jam, para developer tersebut merasa membuat trademark dari suatu kata yang umum itu adalah hal yang menggelikan. Menurut mereka penggunaan nama ‘Candy’ adalah suatu hal yang etis dan dapat memberi kesempatan yang inspiratif bagi para developer untuk membuat game lain.

Contoh beberapa judul game yang menggunakan nama ‘candy’ antara lain CanDieCanDieCanDie, Shew it Down: Candy Crap Saga, ThisGameIsNotAboutCandy, CANDY on the EDGE, Candy Crush SEGA, Candy Escape Goat Sagat, dan Don’t Let the Candies Crush You.

Sumber: PhoneArena

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES