in: News - Popular Science | February 12, 2014 | by: Patrick

Foto Terbaru NASA: Ada Air di Mars?

(gambar via NASA)
(gambar via NASA)

Sebuah laporan dan foto resmi terbaru dari NASA pada hari Senin kemarin mengungkapkan temuan bahwa ada kemungkinan adanya air garam di perbukitan planet Mars. Foto di atas, yang diambil dari pesawat ulang-alik yang mengorbit planet Mars menampilkan tanda-tanda tertentu yang menurut ilmuwan berasal dari sekumpulan garis-garis elemen mineral yang pernah ada di Mars. Bahkan salah satu ilmuwan, bahwa tampilan ini menunjukkan bahwa adanya air bergaram yang berisi “elemen besi dan mineral anti beku” yang mengalir secara musiman di sejumlah bagian di planet Mars.

Garis-garis berbentuk arus berwana gelap yang dinamakan “recurring slope lines” atau RSL adalah topik yang hangat dibicarakan para ilmuwan Mars belakangan ini. Adalah Lujendra Ojha, seorang sarjana dari Georgia Institute of Technology di Atlanta yang memimpin laporan terbaru mengenai garis-garis arus ini. Ia telah membantu mengonfirmasi temuan hingga 13 RSL selama tahun-tahun belakangan ini.

“Kami belum mendapatkan bukti nyata kehadiran air pada RSL ini, namun kami tidak yakin bagaimana proses ini dapat berjalan tanpa kehadiran elemen air,” ujar Ojha pada sebuah pernyataan resmi dari NASA.

Walaupun belum ada kejelasan apakah garis-garis ini menunjukan adanya arus air garam atau tidak, tetap saja RSL ini adalah sebuah fenomena baru yang ditemukan di Mars. Para ilmuwan menggunakan Mars Reconnaissance Orbiter dan Mars Odyssey milik NASA untuk mencari dan mengidentifikasi dari 200 lokasi di Mars yang berpotensi terdapat RSL, sayangnya hanya 13 dari 200 lokasi tersebut yang menunjukkan tanda-tanda adanya RSL.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES