Hands-On Linksys AE6000 & WUSB 6300: Duet USB Adapter Wireless AC

Reading time:
February 10, 2014

Mulai banyak bermunculannya router dan access point yang mendukung standar Wireless AC ternyata masih belum diikuti dengan banyaknya perangkat mobile, seperti laptop, yang mendukung standar tersebut. Standar baru ini memang menawarkan bandwidth yang lebih besar dibandingkan standar yang banyak digunakan saat ini, seperti Wireless N, sehingga mungkin akan dibutuhkan oleh pengguna yang banyak berurusan dengan transfer data dalam ukuran besar di jaringan lokal.

_MG_8140

Untuk menjembatani perangkat yang masih belum dilengkapi dengan kapabilitas Wireless AC dengan router Wireless AC, beberapa vendor perangkat jaringan sudah mulai menawarkan adapter mereka untuk Wireless AC dalam berbagai bentuk. Kali ini, Linksys, salah satu pemain yang namanya sudah cukup dikenal luas di dunia networking, menghadirkan dua buah adapter Wireless AC mereka untuk kami coba. Kedua perangkat tersebut sama-sama menggunakan basis USB, yaitu AE6000 dan WUSB6300. Mari kita lihat seperti apa kedua adapter Wireless AC dari Linksys tersebut!

AE6000

_MG_7903

AE6000 hadir dalam kemasan box khas Linksys dengan warna dominan hitam. Ukuran box perangkat tersebut cukup besar untuk sebuah USB adapter untuk wireless network, yang seharusnya tidak lebih besar dari jempol orang dewasa. Ketika kami membuka box tersebut, benar terlihat bahwa perangkat AE6000 hanya memanfaatkan satu ruang kecil di dalam box tersebut. Selebihnya, box tersebut diisi oleh perlengkapan yang menyertainya, yaitu Support CD. Berikut ini adalah isi dari box tersebut:

_MG_7907
  • Linksys AE6000
  • Support CD
_MG_7913

Paket penjualan perangkat ini memang sangat sederhana. Tetapi hal tersebut cukup wajar mengingat memang perangkat ini tidak membutuhkan banyak perlengkapan untuk dapat beroperasi dengan baik.

_MG_7922

Secara fisik, AE6000 juga bisa dikatakan sangat sederhana. Perangkat tersebut hanya memiliki satu tombol untuk WPS yang terdapat di salah satu sisi samping perangkat. Tombol tersebut berukuran cukup kecil, sehingga mungkin akan sedikit sulit dijangkau ketika dipasang pada bagian back panel PC, dimana umumnya terdapat banyak kabel yang terpasang.

WUSB6300

_MG_7926

Tidak berbeda dengan sauranya, WUSB6300 juga hadir dalam kemasan box berwarna sama dengan ukuran yang kurang lebih sama. Perangkat yang satu ini memiliki ukuran sedikit lebih besar dari AE6000 dan menggunakan interface USB 3.0. Walaupun lebih besar dari AE6000, perangkat ini juga masih bisa dikatakan jauh lebih kecil dari ukuran box yang menyertai paket penjualannya. Berikut ini adalah perlengkapan yang diberikan oleh Linksys dalam paket penjualan perangkat ini:

_MG_7928
  • Linksys WUSB6300
  • Support CD
  • Quick Installation Guide
_MG_7933

Seperti AE6000, paket penjualan perangkat yang satu ini juga cukup sederhana. Tidak banyak perlengkapan yang disertakan Linksys dalam paket penjualan perangkat tersebut.

_MG_7934

Ukuran fisik WUSB6300 yang lebih besar dari AE6000 membuat perangkat yang satu ini cenderung lebih sulit dipasang di port USB di back panel PC atau di laptop dengan port USB berdekatan. Hal itu disebabkan karena perangkat yang satu ini sedikit lebih lebar dari lebar port USB standar. Perangkat ini juga cukup minimalis dengan hanya adanya satu tombol WPS di sisi samping perangkat.

Penggunaan

Layaknya perangkat USB pada umumnya, kemudahan penggunaan menjadi salah satu aspek yang ada pada perangkat-perangkat adapter dari Linksys ini. Pengguna hanya perlu menginstall driver yang disediakan Linksys di CD yang disertakan atau di situs resmi Linksys. Selanjutnya, USB adapter untuk Wireless AC ini bisa digunakan layaknya adapter wireless network standar.

SS 2

Linksys juga menyediakan aplikasi khusus untuk mendukung penggunaan dari perangkat ini. Aplikasi tersebut berguna untuk membantu komputer mengenali perangkat USB adapter dan menghubungkan adapter ke wireless network. Namun, bila pengguna tidak ingin menggunakan aplikasi tersebut, pengguna bisa memanfaatkan fitur bawaan sistem operasi untuk menghubungkan PC ke jaringan melalui kedua adapter tersebut.

SS 1

Satu hal yang perlu diketahui, walaupun sama-sama menggunakan aplikasi “Linksys Wireless-AC USB Adapter”, kami mendapati aplikasi yang disertakan untuk perangkat AE6000 ternyata tidak kompatibel dengan WUSB6300, demikian sebaliknya. Jadi, bila Anda ingin menggunakan USB adapter untuk Wireless AC ini, pastikan aplikasi yang Anda download sesuai dengan tipe adapter yang digunakan.

Penggunaan standar USB yang berbeda pada kedua perangkat tersebut, USB 2.0 pada AE6000 dan USB 3.0 pada WUSB6300, secara teoritis akan menghasilkan perbedaan kecepatan maksimal transfer data melalui wireless network. Namun, ketika kami mencoba memanfaatkan keduanya untuk menarik data 3 GB dari 1 komputer ke komputer lain, kedua perangkat tersebut mencatat waktu yang konstan di bawah 3 menit 30 detik, dimana waktu rata-rata WUSB6300 sedikit lebih rendah dari AE6000.

Kesimpulan

Kedua adapter USB untuk Wireless AC dari Linksys ini mampu menghadirkan kapabilitas Wireless AC untuk PC yang belum memiliki kemampuan tersebut. Penggunaan USB 2.0 pada AE6000 dan USB 3.0 pada WUSB6300 tentu saja akan memberikan perbedaan dari kecepatan transfer data maksimal dari kedua perangkat tersebut. Walaupun begitu, untuk penggunaan sehari-hari, kami tidak merasakan adanya perbedaan berarti dari penggunaan kedua perangkat tersebut.

_MG_8143

Kedua perangkat ini juga bisa dikatakan cukup mudah digunakan. Pengguna hanya perlu melakukan instalasi driver sebelum bisa memanfaatkan perangkat-perangkat tersebut untuk menghubungkan PC yang digunakan ke wireless network.

Satu hal yang cukup disayangkan, Linksys tidak memberikan paket penjualan yang lebih lengkap untuk kedua perangkat tersebut, misalnya kabel USB Extender yang mungkin akan membantu mempermudah pengguna memasang kedua perangkat tersebut ke PC yang digunakan.

Kelebihan:

  • Mudah digunakan

Kekurangan:

  • Perlengkapan kurang
Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…