in: News | February 1, 2014 | by: Ozal

INAICTA Kembali Digelar untuk Kedelapan Kalinya

Indonesia ICT Award atau biasa disebut INAICTA kembali digelar dan telah memasuki tahun penyelenggaraan untuk kedelapan kalinya. Salah satu penghargaan bergengsi terbesar di Indonesia ini diharapkan dapat menemukan berbagai karya cipta kreativitas dan inovasi di bidang teknologi informasi dan komputer (TIK).

inaicta

Dilansir dari siaran pers Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, Dirjen Aplikasi Informatika, Bambang Heru Tjahjono mengatakan, tujuan INACTA 2014 diselenggarakan guna mendorong terus berkembangnya berbagai produk TIK lokal dengan peningkatan kualitas maupun inovasi produk. Menurutnya, siapaun bisa berpartisipasi, baik dari pihak pengembang individu maupun bagi suatu komunitas pengembang.

Diharapkan INAICTA 2014 ini dapat menjadi sarana untuk peningkatan inovasi dan kreativitas masyarakat di bidang TIK sehingga karyanya berguna untuk pemberdayaan masyarakat luas. Kami tidak ingin yang muluk-muluk, tetapi karya-karya yang dihasilkan dalam INAICTA ini dapat digunakan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas,” kata Tjahjono.

Pada Kamis 30 Januari kemarin, INAICTA 2014 sudah resmi diluncurkan. Adapun tema yang diambil dalam INAICTA tahun ini ialah “Innovate-Integrate-Empower”. Pengumuman pemenang sekaligus penganugerahan INAICTA 2014, menurut rencana akan jatuh pada Minggu malam, 6 September 2014, tepat pukul 19.00 WIB di Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan.

Andreas Surya, ketua panitia INAICTA 2014 menjelaskan, kategori dalam lomba INAICTA sedikit berbeda dibanding tahun lalu. Penjurian INAICTA 2014 akan dibagi menjadi 15 kategori. Adapun perinciannya sebagai berikut:

– Di kelompok Industry Sector terbagi dalam tujuh kategori, yakni Health, Tourism & Hospitally, Education, Micro Enterprise/SME, Research & Development, Games, dan Animasi.
– Di kelompok Student Project ada lima kategori, yakni Primary (SD dan SMP), Student Project: Secondary (SMA dan SMK), Student Project: Tertiary (Perguruan Tinggi), Games (Perguruan Tinggi), dan Animasi (Perguruan Tinggi).
– Di kelompok Society ada tiga kategori, yaitu e-inclusion & Social Entrepreneurship, Public Services, dan Applicative Robot.

Sebagai upaya memaksimalkan potensi yang ada, acara puncak INAICTA 2014 akan diselenggarakan selama dua hari pada bulan September dan bersanding dengan kegiatan POPCON ASIA 2014 mendatang. Kegiatan acara puncak akan menyoroti tren dan potensi perkembangan industri TIK melalui konferensi, workshop, dan pameran,” imbuhnya.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES