in: News | February 3, 2014 | by: Yufianto Gunawan

Modern UI Tidak Lagi Menjadi Standar di Windows 8.1 Update 1?

Setelah memaksa pengguna Windows 8 untuk menggunakan Modern UI, atau yang dulu dikenal sebagai Metro, Microsoft kini dikabarkan mulai menarik kebijakan tersebut dengan kembali menghadirkan Desktop sebagai user interface standar di sistem operasi mereka. Desktop akan kembali menyapa pengguna Windows 8.1 ketika update baru untuk sistem operasi tersebut dirilis di pertengahan tahun nanti!

Windows 8

Berdasarkan kabar yang disebarkan oleh Wzor, situs dari Rusia yang sering mendapatkan rilis tidak resmi dari berbagai software, Windows 8.1 Update 1 akan membawa pengguna langsung ke Desktop. Hal ini memang sudah ada sejak Windows 8.1 diluncurkan pada kuartal ketiga tahun 2013 lalu, dimana pengguna memiliki opsi “Boot to Desktop” untuk melewati Modern UI di sistem operasi tersebut. Namun, dikabarkan oleh Wzor, kini Microsoft tidak lagi meminta pengguna untuk mengaktifkan opsi tersebut secara manual dan memilih untuk langsung menampilkan Desktop sebagai user interface standar.

Bila keputusan ini benar-benar dijalankan oleh Microsoft di Windows 8.1 Update 1, hal itu menandakan bahwa Microsoft tampaknya mulai menyadari ketidakpuasan publik terhadap “paksaan” untuk menggunakan “Metro”. Mereka mungkin terpaksa harus mendengarkan opini publik untuk mulai mendongkrak popularitas sistem operasi andalan mereka tersebut agar bisa bersaing dengan lawan-lawannya, termasuk juga sistem operasi lawas mereka, Windows XP dan Windows 7.

Selain “Metro”, satu hal lain yang banyak diinginkan publik di Windows 8.1 adalah Start Menu. Publik tampaknya masih lebih menyukai Start Menu bila dibandingkan harus menggunakan Start Screen “Metro” untuk membuka aplikasi yang ada di dalam komputernya. Apakah Microsoft nantinya benar-benar menghapus kebijakan “Metro” dan membuat Desktop menjadi standar serta mengembalikan Start Menu di Windows 8.1 Update 1? Mari kita tunggu saja!

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES