in: Storage Devices | February 17, 2014 | by: Yufianto Gunawan

Review Asustor AS-202TE: NAS dengan “Bonus” Media Player

Pengujian

Penggunaan prosesor Intel Atom untuk mendukung fungsi multimedia tentu saja akan berpengaruh juga pada performa keseluruhan dari NAS ini dalam menangani penyimpanan data di jaringan lokal. Kami melakukan beberapa pengujian untuk melihat seperti apa kemampuan dari NAS ini. Satu hal yang perlu diingat, NAS ini sebenarnya hadir tanpa disertai dengan harddisk didalamnya. Namun, untuk pengujian kali ini, pihak distributor meminjamkan 2 buah harddisk WD Red 3.5″ 2 TB untuk mendukung pengujian. Kami melakukan pengujian dengan menggunakan kedua harddisk yang disertakan tersebut dengan mengaturnya ke RAID 0.

SS 6

Berikut ini adalah platform yang kami gunakan dalam pengujian serta hasil pengujian dengan menggunakan aplikasi benchmark Crystal Disk Mark dan NAS Performance Toolkit.

Platform Pengujian

  • Motherboard: Intel H67 LGA 1155
  • Prosesor: Intel Core i3 2100 3,1 GHz
  • RAM: Kingston DDR3 8 GB

  • Storage: Kingston HyperX 3K SSD

kingston hyperx 3k

  • Graphics Card: AMD Radeon HD 5550
  • Power Supply: Corsair CX 500

Hasil Pengujian

NAS Performance Toolkit

NAS PT R

Terlihat dari hasil pengujian menggunakan NAS Performance Toolkit bahwa perangkat AS-202TE ini memiliki kemampuan yang baik dalam hal penulisan data ke storage. Hasil dari skenario pengujian HD Video Record dan File Copy to NAS, yang menitikberatkan pada penulisan data ke storage, sama-sama berada di atas 230 MB/s, bahkan mencapai lebih dari 300 MB/s di File Copy to NAS. Nilai yang didapat untuk skenario lain juga bisa dikatakan berada dalam rentang yang cukup baik.

Crystal Disk Mark

CDM Read R

CDM Write R

Hasil dari Crystal Disk Mark membuktikan bahwa performa penulisan data ke storage dari perangkat ini memang baik. Selain itu, hasil pengujian pembacaan data ke storage juga bisa dikatakan cukup baik.

Kesimpulan

Asustor bukannya tanpa alasan ketika memberikan label multimedia entertainment untuk NAS ini. AS-202TE memang memiliki kemampuan yang memadai, terlebih lagi dari dukungan aplikasi, untuk menyandang label tersebut. Selain itu, kemampuannya untuk beroperasi sebagai sebuah multimedia player benar-benar menguatkan label tersebut.

Asustor AS-202TE (94)

Sebagai sebuah NAS, selain performa yang cukup baik, perangkat ini juga didukung oleh tool manajemen dengan user interface yang mudah dipelajari. Fitur wizard yang tersedia juga cukup membuat perangkat yang satu ini mudah digunakan, sekalipun oleh pengguna yang baru pertama kali menggunakan NAS. Sayangnya, untuk pengguna tingkat lanjut, tampilan utama dari tool manajemen yang ada mungkin dirasa kurang “menarik” karena secara standar tidak menampilkan informasi apapun dan hanya dihiasi icon fitur atau aplikasi berukuran besar.

Kelebihan:

  • Aplikasi melimpah
  • Mudah digunakan
  • Fungsi tambahan sebagai media player

Kekurangan:

  • Tampilan utama tool manajemen tidak menampilkan informasi apapun terkait status perangkat
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES