in: Graphics Card | February 23, 2014 | by: Gatot Tri Yuwono

Review Gigabyte GeForce GTX TITAN Black: Kencang & Bertenaga

Kesimpulan

GeForce GTX TITAN Black seperti milik GIGABYTE kali ini, memang menawarkan keunikan tersendiri. Di satu sisi GeForce GTX TITAN Black sangat bertenaga untuk menjalankan game dengan setting terbaik yang diinginkan gamer. Sedangkan di sisi lain GeForce GTX TITAN Black menawarkan sejumlah kemampuan layaknya produk NVIDIA Tesla. Tentu saja hal tersebut membuat GeForce GTX TITAN Black tidak hanya menarik untuk kalangan gamer tetapi juga pengguna yang berkutat di bidang High Performace Computing (HPC).

NVIDIA_GeForce_GTX_TITAN_Black_Key_Visual

Tidak dapat dipungkiri lagi, GeForce GTX TITAN Black merupakan graphics card gaming terbaik milik NVIDIA saat ini. Jika harga bukan menjadi masalah, GeForce GTX TITAN Black seperti keluaran GIGABYTE yang satu ini siap memuaskan hasrat gamer untuk memainkan game kesayangan mereka pada tampilan terbaiknya tanpa perlu khawatir mengalami turunnya frame rate yang dapat menggangu kenyamanan bermain. Bahkan dengan kapasitas memori 6GB, GeForce GTX TITAN Black siap menangani game di resolusi gambar super tinggi seperti saat menggunakan perangkat display 4K, NVIDIA Surround, atau gabungan keduanya, NVIDIA Surround dengan tiga monitor 4K. Untuk pengujian performa GeForce GTX TITAN Black di konfigurasi NVIDIA Surround akan kami tampilkan hasilnya di artikel mendatang.

gigabyte gtx titan black card 03

GeForce GTX TITAN Black dan GeForce GTX 780 Ti memang hanya dibedakan oleh kapasitas memori sebesar 3GB serta clock GPU dengan perbedaan 50 MHz pada maksimum boost clock. Oleh karena itu jangan merasa aneh jika perbedaan performa di antara dua graphics card itu tergolong tipis sekali pada pengujian gaming. Terlebih jika game dijalankan pada setting yang tidak memakan kapasitas memori besar. Hingga konfigurasi tertentu, GeForce GTX 780 Ti masih menjadi pilihan menarik untuk gaming dengan harga lebih murah dan hadirnya versi non-reference.

Walaupun memiliki perbedaan tipis pada performa gaming, GeForce GTX TITAN Black dan GeForce GTX 780 Ti menghadirkan cerita berbeda pada performa komputasi double precision. GeForce GTX TITAN Black mampu melesat jauh meninggalkan GeForce GTX 780 Ti dengan kemampuan hingga tujuh kali lipat lebih tinggi. Dengan kemampuan seperti itu, GeForce GTX TITAN Black dapat menjadi solusi murah untuk kalangan pengguna yang mencari sebuah graphics card dengan kemampuan melakukan komputasi, seperti komputasi double precision, layaknya produk NVIDIA Tesla. Terlebih NVIDIA Tesla termurah masih ditawarkan pada kisaran harga di atas $3000.

Secara keseluruhan, GIGABYTE GTX TITAN Black berhasil menghadirkan kemampuan terbaiknya baik di sisi gaming maupun kemampuan komputasi double precision. Jika harga bukan menjadi masalah, GeForce GTX TITAN Black merupakan pilihan terbaik saat ini untuk graphics card gaming single-GPU dari NVIDIA dan menjadi solusi murah untuk yang menginginkan kemampuan komputasi double precision-nya. Sementara itu jika merasa kurang puas dengan performa sistem pendingin reference milik NVIDIA, pengguna dapat menambahkan sistem pendingin 3rd-party dimana biasanya berbasis watercooling.

  • Produsen : Gigabyte
  • Info : www.gigabyte.com
  • Harga: $1190
  • Distributor Indonesia : PT. Misuco Elektronik
  • Telepon : (021) 601 8218
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES